Tutorial Penggunaan Google Meet untuk Telekonferensi

Kondisi pandemi Covid-19 menyebabkan hampir seluruh kegiatan pekerjaan sehari-hari harus dibatasi dan digantikan dengan kegiatan bekerja atau belajar di rumah. Hal ini menyebabkan aplikasi-aplikasi konferensi video sangat banyak digunakan.

Salah satu aplikasi konferensi video yang banyak digunakan adalah aplikasi Google Meet. Salah satu kelebihan Google Meet dibanding aplikasi video konferensi lainnya adalah, untuk akun yang gratis tetap diberi fasilitas durasi konferensi lebih dari satu jam. Hal ini berbeda daripada aplikasi video konferensi yang lain, yang hanya memberikan durasi maksimal konferensi selama 40 menit.

Berikut ini adalah tutorial cara penggunaan Google Meet melalui internet browser (peramban internet) pada Windows 10. Terutama untuk anda yang bertindak sebagai Host atau pemilik kegiatan meeting melalui Google Meet.

  1. Buka aplikasi peramban internet atau internet browser anda, bisa mozilla firefox, google chrome, atau opera. Kemudian buka website meet.google.com, Pada halaman utama, klik “login” atau “Sign in” di bagian kanan atas.

2. Masukkan akun Gmail, kemudian klik “next” atau “berikutnya”

3. Masukkan password, kemudian klik “next” atau “berikutnya”

4. Maka kita sudah masuk ke dalam aplikasi Google Meet. Apabila kita ingin langsung memulai kegiatan telekonferensi, klik “mulai meeting” atau “start a meeting”, kemudian silahkan lanjut ke langkah 14

5. Apabila kita ingin menjadwalkan kegiatan telekonferensi, klik “Jadwalkan video meeting melalui Google Calendar” atau “Schedule a video meeting from Google Calendar”

6. Maka Google meet akan membuka halaman Google calendar.

7. Silahkan isi judul kegiatan meeting, lengkap beserta jadwal sesuai tanggal dan jam kegiatan.

8. Tetapkan tanggal dan jam kegiatan dengan klik menu pada masing-masing form seperti gambar di bawah ini.

9. Apabila data telah terisi, silahkan copy link meeting untuk disimpan atau disebarkan melalui whatsapp atau email.

10. Setelah link meeting selesai di copy, silahkan klik “save” atau “simpan” untuk menyimpan jadwal kegiatan meeting pada google calendar.

11. Setelah kegiatan meeting di save, maka kita akan masuk ke halaman utama Google Calendar. apabila pertama kali membuka aplikasi Google Calendar, akan muncul notifikasi yang cukup di tutup saja dengan klik “dismiss” atau “abaikan”.

12. Di halaman utama Google Calendar, akan tampak kegiatan meeting yang sudah kita jadwalkan.

13. Apabila kita kembali ke halaman utama Google Meet, dan kegiatan Meeting yang dijadwalkan berada pada hari yang sama, maka jadwal kegiatan meeting akan muncul di halaman utama Google Meet. Silahkan klik untuk memulai kegiatan meeting.

14. Kemudian kita masuk ke halaman awal sebelum kegiatan meeting. Halaman ini berfungsi untuk setting atau setelan webcam dan mic anda. setelah semua berfungsi baik dan tampilan serta suara anda telah muncul di layar, silahkan klik “join now”

15. Maka otomatis kita telah masuk ke kegiatan utama meeting. Karena sebagai host, maka kita tinggal menunggu peserta masuk melalui link yang telah dicopy dan dibagikan sebelumnya ketika kita menjadwalkan kegiatan meeting melalui Google Calendar. Untuk kegiatan meeting yang tidak dijadwalkan, maka akan muncul opsi copy link untuk disebarkan melalui email atau whatsapp web. Apabila ada peserta yang meminta ijin untuk bergabung ke dalam kegiatan meeting, maka akan muncul notifikasi, dan kita tinggal klik menu “admit”. Apabila ada permintaan untuk bergabung tetapi kita tidak mengenali calon peserta meeting, kita bisa klik “Deny entry” untuk menolaknya.

16. Untuk peserta, kita sebagai host memiliki kendali untuk menonaktifkan mic mereka. terutama apabila peserta meeting jumlahnya cukup banyak, misal lebih dari 30 orang. tentu tidak nyaman apabila semua suara masuk ke dalam kegiatan meeting bersahut-sahutan. kita jadi tidak bisa fokus pada pemberian materi atau presentasi kita. Untuk mengakses daftar peseta rapat, klik menu peserta rapat di sebelah kanan atas.

17. Kemudian untuk menonaktifkan mic peserta rapat, klik tanda panah bawah pada nama peserta rapat yang dimaksud.

18. Untuk menonaktifkan mic, klik menu berupa tanda mic

19. Maka akan muncul notifikasi untuk konfirmasi apakah kita memang ingin menonaktifkan mic peserta tersebut. Silahkan klik “mute”.

20. Maka otomatis mic peserta meeting tersebut akan menjadi tidak aktif. Terdapat tanda berupa mic disilang pada logo peserta yang kita nonaktifkan mic nya. Kita sebagai host hanya bisa menonaktifkan mic peserta, tidak bisa mengaktifkan mic mereka. Pengaktifan mic hanya bisa dilakukan oleh peserta yang bersangkutan.

21. Apabila ada peserta yang dirasa mengganggu, atau bahkan ternyata peserta tersebut tidak kita kenali, Google Meet menyediakan fasilitas untuk mengeluarkan peserta tersebut dari kegiatan meeting. Mirip seperti langkah penonaktifan mic peserta, untuk mengeluarkan peserta dari kegiatan meeting, cukup klik menu di sebelah kanan tanda mic pada nama peserta yang dimaksud.

22. Kemudian akan muncul menu konfirmasi apakah kita benar-benar akan mengeluarkan peserta tersebut dari kegiatan meeting. Silahkan klik “remove” untuk mengeluarkan peserta tersebut dari kegiatan meeting.

23. Google Meet menyediakan fasilitas presentasi untuk menampilkan seluruh tampilan layar kita kepada seluruh peserta kegiatan meeting. Untuk melakukan presentasi, klik menu “Present now” di sebelah kanan bawah.

24. Kemudian pilih menu “Your entire screen” untuk menampilkan seluruh tampilan layar kita.

25. Maka akan muncul menu untuk memilih tampilan layar kita. klik tampilan layar, kemudian klik “share”

26. Sehingga otomatis seluruh tampilan layar kita akan ditampilkan atau dipresentasikan kepada seluruh peserta kegiatan meeting. Tanda utama yang muncul adalah, terdapat indikator “you’re presenting to everyone” atau tanda kecil di bagian bawah layar berupa “meet.google.com is sharing your screen”. Pada kondisi ini, kita bisa membuka aplikasi presentasi seperti powerpoint, atau menampilkan video melalui aplikasi pemutar video, dsb.

27. Untuk menghentikan kegiatan presentasi layar kita kepada seluruh peserta meeting, kita bisa kembali ke Google Meet dan klik menu “Stop presenting”, atau cukup dengan klik menu “Stop Sharing” di bagian bawah layar.

28. Apabila kegiatan meeting telah selesai, cukup gerakkan mouse ke bagian bawah layar, kemudian klik tanda tutup gagang telepon di bagian tengah layar.

29. Maka kita akan keluar ke halaman selesai kegiatan meeting. Pada halaman ini, terdapat opsi apabila kita keluar dari kegiatan meeting secara tidak sengaja dan ingin kembali masuk ke kegiatan meeting, cukup klik menu “rejoin”. Tetapi apabila kegiatan meeting benar-benar telah selesai, cukup tutup aplikasi internet browser atau peramban internet kita.

Demikian tutorial penggunaan Google Meet kali ini. Apabila tutorial ini dirasa menarik dan bermanfaat, silahkan sebarkan informasi tentang tutorial ini dan tentang website kami.

2 thoughts on “Tutorial Penggunaan Google Meet untuk Telekonferensi

  1. Pingback: Memanfaatkan Tampilan Dua Layar untuk Memaksimalkan Presentasi Google Meet | Smart Digital Parents

  2. Pingback: Tutorial Penggunaan Google Meet pada Smartphone (Android) | Smart Digital Parents

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s