Memanfaatkan Tampilan Dua Layar untuk Memaksimalkan Presentasi Google Meet

Setelah pada tulisan sebelumnya kami menjelaskan tentang cara penggunaan Google Meet. Pada tulisan kali ini kami akan menunjukkan tips menggunakan tampilan dua layar monitor untuk memaksimalkan kegiatan Presentasi ketika menggunakan Google Meet.

Seperti yang kami bahas sebelumnya, apabila kita mempresentasikan seluruh tampilan layar pada Google Meet, maka tampilan layar didominasi oleh tampilan media yang kita presentasikan. Akan tetapi, terdapat kekurangan akibat mempresentasikan seluruh layar pada Google Meet. Yaitu kita kesulitan mengetahui respon peserta kegiatan meeting. Terutama bagi yang berprofesi sebagai guru atau pimpinan rapat, kontak wajah dengan peserta kegiatan meeting merupakan hal yang penting. Bahkan apabila kita juga merangkap sebagai host kegiatan meeting, kemudian di tengah-tengah presentasi ada peserta yang meminta ijin untuk ikut dalam kegiatan meeting, tentu kita tidak bisa melihat notifikasinya. Sehingga mereka tidak bisa masuk ke dalam kegiatan Meeting

Dengan memanfaatkan dua monitor, maka kita bisa menampilkan presentasi di satu layar, dan tetap tampak tampilan Google Meet di layar kedua.

Berikut ini adalah cara penggunaanya. Contoh yang kami berikan pada kali ini memanfaatkan Notebook / laptop dan TV LCD.

Peralatan yang diperlukan adalah :

  1. Laptop / Notebook dengan colokan/konektor HDMI
  2. Kabel HDMI
  3. TV LCD dengan colokan / konektor HDMI

Langkah yang dilakukan yaitu :

  1. Aktifkan Laptop/Notebook, dan cari colokan / lubang HDMI pada laptop

2. Pasang salah satu ujung kabel HDMI seperti gambar di bawah ini pada colokan tersebut.

3. Kemudian pasang ujung kabel HDMI yang lain pada colokan atau lubang HDMI TV LCD

4. Aktifkan TV LCD, dan set input sinyal sesuai colokan kabel HDMI, pada contoh, kami memasang kabel HDMI pada colokan HDMI 1

Apabila kita menggunakan monitor LCD khusus komputer, dengan tetap menggunakan colokan HDMI, maka tidak perlu untuk set input sinyal monitor. Monitor akan secara otomatis mendeteksi input sinyal.

5. Pada laptop, tekan tombol output tampilan pada keyboard

atau tekan dan tahan tombol Fn kemudian tekan tombol output layar

Sehingga windows 10 akan mengeluarkan menu output tampilan layar sebagai berikut, pilih opsi “Extend”

maka tampilan layar monitor laptop dan tampilan LCD TV akan tampak seperti di bawah ini

6. Pada tutorial kali ini, kami menggunakan powerpoint sebagai contoh. Buka aplikasi powerpoint, dan buka file powerpoint yang akan dipresentasikan. kemudian klik tombol “minimize window” di sebelah kanan atas untuk mengecilkan jendela aplikasi powerpoint.

Sehingga jendela aplikasi Powerpoint akan menjadi seperti gambar di bawah ini.

7. Klik dan tahan jendela aplikasi powerpoint, kemudian geser ke sebelah kanan layar hingga aplikasi powerpoint muncul di layar TV monitor atau layar kedua.

Sehingga aplikasi powerpoint sepenuhnya berada di layar kedua.

8. Klik kembali tombol menu maximize (tombol yang sama yang sebelumnya kita gunakan untuk mengecilkan jendela aplikasi powerpoint) agar aplikasi powerpoint memenuhi tampilan layar LCD TV atau layar kedua.

9. Geser pointer mouse kembali ke kiri hingga muncul di layar laptop / layar pertama. kemudian buka aplikasi peramban internet untuk membuka website Google Meet. Lanjutkan langkah masuk Google Meet seperti pada tutorial sebelumnya. Apabila kita sudah berada di dalam kegiatan meeting, dan ingin melakukan presentasi, klik menu “present now” di bagian kanan bawah layar.

10. Kemudian klik menu “your entire screen”

11. Nah pada menu pemilihan tampilan layar yang dipresentasikan, karena sekarang kita memiliki dua tampilan layar, maka pilih tampilan layar kedua yang terdapat aplikasi powerpoint di dalamnya, kemudian klik “share”

12. Maka sekarang kita bisa bebas mempresentasikan powerpoint kita di layar LCD TV atau layar kedua, sambil tetap bisa berinteraksi dengan peserta kegiatan meeting pada aplikasi Google Meet di layar laptop atau layar pertama.

Dengan demikian, kita bisa melihat respon peserta kegiatan meeting, dan jika kita menjadi host, kita bisa melakukan tindakan host meeting seperti menerima permintaan ijin masuk kegiatan meeting, menonaktifkan mic peserta kegiatan meeting, dsb.

Demikian tutorial kali ini. Jangan lupa untuk menyebarkan informasi tentang website kami, dan apabila ada tips atau tutorial yang ingin dibahas di website kami, silahkan tulis pada kolom komentar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s