Pemasangan wireless router tambahan “Tenda AC-6” untuk internet kabel di rumah / kantor

Penggunaan internet di rumah ataupun kantor sudah merupakan hal yang lumrah. Jumlah operator internet kabel juga semakin bertambah. Mereka menawarkan berbagai paket kecepatan dan fasilitas koneksi internet untuk rumah maupun kantor. Apabila kita berlangganan internet kabel, biasanya operator internet memberi kita modem yang sudah dilengkapi dengan fasilitas Wifi.

modem operator.jpg

Hanya saja, fasilitas pengaturan yang terdapat di dalam modem tersebut biasanya terbatas atau bahkan dikunci oleh operator internet. Sehingga kita tidak bebas melakukan pengaturan seperti penggantian password wifi, melakukan pembatasan kecepatan akses internet untuk para pengguna yang ada di rumah atau kantor, dsb.

Pada tulisan ini, kami akan menunjukkan cara pemasangan wireless router tambahan sebagai perangkat yang akan mempermudah kita untuk melakukan pengaturan akses internet di rumah atau kantor. Pada kesempatan ini kami menggunakan perangkat wireless router merk “Tenda” dengan tipe “AC-6”.

tenda 1.jpg

Kami memilih perangkat ini karena perangkat ini memiliki fasilitas pemancar wifi dua frekuensi atau “dual band”, yaitu pada frekuensi 2.4Ghz dan 5Ghz. Selain itu, perangkat ini juga memiliki fasilitas pengaturan kecepatan akses internet untuk tiap pengguna atau “Bandwidth management”. Khusus fasilitas pengaturan bandwidth management, fasilitas ini tidak hanya tersedia pada wireless router Tenda tipe AC-6, tapi juga tersedia di tipe-tipe bawahnya yang lebih murah. Silahkan pilih sesuai kebutuhan anda.

Tindakan yang pertama kali harus kita lakukan adalah mematikan fasilitas wifi dari modem bawaan operator internet. Operator internet memberi kami modem internet kabel fiber optik dengan merk ZTE type F609. Pada modem yang kami dapatkan dari operator internet, terdapat lampu status yang menandakan bahwa fasilitas wifi sedang aktif seperti gambar di bawah ini.

modem wifi on

Modem ZTE F609 ini memiliki fasilitas tombol pada bagian belakang modem untuk mematikan pemancar wifi, sehingga kita tidak perlu mengakses aplikasi administrator. Tombol tersebut berada di bagian belakang modem seperti gambar di bawah ini

moodem wifi button.jpg

Dengan menekan tombol tersebut, maka pemancar wifi modem ZTE F609 akan mati. Lampu indikator pemancar wifi juga akan mati seperti gambar di bawah ini.

modem wifi off.jpg

Kemudian, kita mulai menghubungkan modem dengan perangkat wireless router melalui port / colokan kabel jaringan. Pertama tancapkan kabel pada colokan kabel jaringan yang terdapat pada modem. Kita bisa menggunakan salah satu colokan diantara port LAN 1 sampai 3. Kita tidak menggunakan port LAN 4 karena biasanya port LAN 4 khusus dialokasikan untuk decoder tv internet apabila kita berlangganan paket internet yang dilengkapi dengan paket tv.

modem lan port.jpg

kemudian, ujung kabel jaringan yang satunya kita pasangkan ke port atau colokan “WAN” di perangkat wireless router.

tenda WAN port.jpg

apabila perangkat telah terhubung, maka akan tampak seperti gambar di bawah ini

modem and router.jpg

Setelah perangkat wireless router tersambung dan diaktifkan, kita mulai melakukan pengaturan-pengaturan dasar untuk wireless router. Sebaiknya pengaturan dasar dilakukan dengan menggunakan laptop / notebook karena layar laptop yang lebih besar dan ketersediaan koneksi wifi akan memudahkan kita. Pengaturan dasar juga bisa dilakukan menggunakan perangkat smartphone / tablet. Pertama kita lakukan koneksi menggunakan perangkat kita ke jaringan wifi dari wireless router. Pada wireless router, terdapat label yang menunjukkan identitas dan password awal wifi yang sudah ditetapkan oleh pabrik pembuatnya seperti gambar di bawah ini.

wifi preset.jpg

Hubungkan perangkat kita ke jaringan wifi yang sesuai dengan nama dan password tersebut. Kemudian buka aplikasi penjelajah internet seperti google chrome atau mozilla firefox, dan ketik alamat 192.168.0.1 kemudian klik “enter”. Maka kita akan masuk halaman pengaturan cepat atau “Quick Setup” seperti gambar di bawah ini.

tenda quick setup1.png

klik “start” untuk memulai pengaturan wireless router. Pada halaman berikutnya, tetapkan bahwa jenis koneksi perangkat pengguna yang lain adalah DHCP. DHCP adalah mode pengaturan identitas pengguna koneksi wifi secara otomatis sehingga kita tidak perlu mengatur identitas alamat pengguna koneksi wifi satu persatu secara manual. Kemudian klik “Next”

tenda quick setup2.png

Pada halaman selanjutnya, kita tetapkan :

  1. Nama pemancar wifi sesuai kebutuhan  / keinginan kita (terdiri dari 1 ~ 29 karakter)
  2. Password wifi yang baru (terdiri dari 8 ~32 karakter)
  3. Password admin untuk mengakses menu pengaturan wireless router (terdiri dari 5 ~ 32 karakter) PENTING! harap selalu mengingat / menyimpan password admin untuk bisa mengakses menu administrator / pengaturan wireless router.

seperti gambar di bawah ini

tenda quick setup3.png

Setelah semua terisi, klik “Next”. Maka perangkat wireless router kita telah siap digunakan.

tenda quick setup4.png

Demikian tutorial pemasangan wireless router tambahan untuk koneksi internet kabel di rumah. pada tulisan berikutnya, kami akan menjelaskan cara mengubah password wifi dan pengaturan kecepatan akses internet per pengguna.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s