media sosial

Memanfaatkan Layanan Video online Youtube untuk Media Penyimpanan Video Tugas Sekolah Menggunakan PC.

Youtube selama ini terkenal sebagai salah satu layanan online untuk media video. Kita banyak menggunakan youtube untuk menkonsumsi berbagai macam konten video, baik itu pendidikan, berita, hingga hiburan. Akan tetapi, selama ini, kebanyakan kita hanya memanfaatkan layanan youtube untuk kegiatan hiburan saja. Kita relatif hanya menonton video yang sudah ada di website Youtube.

Padahal, kita bisa lebih memanfaatkan layanan yang ditawarkan oleh Youtube. Di dunia pendidikan misalnya, saat ini, kita masih melaksanakan kegiatan pembelajaran jarak jauh akibat pandemi yang belum usai. Akibatnya, untuk tugas-tugas pelajaran yang berupa praktikum, banyak permintaan agar murid merekam kegiatan praktikumnya, kemudian mereka mengirimkan file video praktikum yang dikerjakan siswa kepada guru. Ada beberapa hal yang menyebabkan kegiatan ini kurang efisien. diantaranya :

  • Murid merekam video menggunakan hp, dan resolusi video tidak disetel untuk kualitas menengah. akibatnya file video menjadi sangat besar
  • Murid mengirim video menggunakan media whatsapp ke grup kelas, sehingga semua anggota grup menerima file video yang berukuran besar, akibatnya menjadi boros kuota, baik kuota internet maupun kuota penyimpanan.
  • Murid mengirimkan video menggunakan media whatsapp secara pribadi ke nomor kontak Guru. Akibatnya, media penyimpanan di perangkat guru menjadi cepat penuh, dan file video tidak tersusun secara rapi. Ada resiko guru kehilangan file video tugas siswa.
  • Murid mengunggah file video ke aplikasi pembelajaran, baik itu Google classroom ataupun aplikasi pembelajaran milik sekolah. Akibatnya, media penyimpanan di Google Classroom ataupun aplikasi pembelajaran milik sekolah juga menjadi cepat penuh.

Nah, dengan demikian banyak inefisiensi yang terjadi, kita sebetulnya bisa memanfaatkan Youtube sebagai media penyimpanan file video tugas sekolah. Karena otomatis file video akan tersimpan di akun Youtube masing-masing siswa, sehingga media penyimpanan guru, ataupun media penyimpanan aplikasi pembelajaran bisa lebih aman dari resiko terlalu penuh. Murid cukup mengirimkan link video yang telah tersimpan di akun Youtube siswa kepada guru. Guru juga bebas memilih kualitas video yang bisa dilihat, sehingga bisa lebih hemat kuota internet.

Kegiatan di atas merupakan salah satu contoh pemanfaatan Youtube sebagai media penyimpanan file video. Kita juga bisa memanfaatkan youtube untuk kegiatan pekerjaan seperti merekam acara webinar, ataupun untuk kegiatan promosi perusahaan. Untuk tutorial kali ini, kami memfokuskan penggunaan Youtube sebagai media penyimpanan file video tugas sekolah. berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Syarat untuk bisa menggunakan layanan Youtube adalah, kita harus memiliki akun Google atau Gmail. Karena Youtube juga merupakan bagian dari layanan yang dimiliki oleh Google. Apabila kita sudah memiliki akun Google atau Gmail, kita bisa langsung memulai dengan membuka website Youtube.com. Kemudian klik tombol “Sign In” atau “Masuk” di sebelah kanan atas tampilan layar

Di halaman berikutnya, masukkan akun Google atau Gmail kita (1), kemudian tekan tombol “Enter” pada keyboard, atau klik “Next” atau “berikutnya” pada tampilan layar (2).

Masukkan password akun Google atau Gmail kita (1), kemudian tekan tombol “Enter” pada keyboard, atau klik “Next” atau “berikutnya” pada tampilan layar (2).

Setelah kita masuk ke dalam website Youtube dengan akun Google kita, klik menu akun di sebelah kanan atas tampilan layar.

Klik menu “Youtube Studio”

Maka kita akan masuk ke dalam tampilan youtube studio. yaitu menu untuk segala hal yang berhubungan dengan channel youtube pribadi kita. Apabila ini pertama kalinya kita masuk Youtube Studio, maka silahkan klik “Lanjutkan”

Klik “tutup” pada tampilan notifikasi.

untuk mengunggah file video, kita bisa klik tombol menu “upload video” di bagian bawah layar ataupun di sebelah kanan atas tampilan layar seperti gambar di bawah ini.

Maka youtube akan menampilkan menu untuk mengunggah video. kita cukup klik tombol “Pilih File”

Kemudian cari dan pilih file yang hendak kita unggah ke Youtube. Selanjutnya, klik “open”

Youtube akan mulai proses pengunggahan atau upload file video sekaligus pemeriksaan file hingga selesai. Setelah file selesai diunggah, kita bisa mengisi judul video (1), untuk deskripsi video (2) boleh diisi, boleh dikosongkan. selain itu, link video (3) bisa kita copy ke notepad untuk dikirimkan via whatsapp atau aplikasi pembelajaran online. Selanjutnya, geser tampilan ke bawah.

Pada bagian ini, kita bisa memilih “Thumbnail” atau gambar tampilan awal untuk menunjukkan isi video kita (4). Kita bahkan bisa juga mengunggah gambar tersendiri dengan menu “upload thumbnail”. Selanjutnya, geser lagi tampilan ke bawah.

Pada tampilan ini, kita perlu memilih kategori video. apakah video ini merupakan video kategori untuk anak-anak? atau untuk umum? Video dengan kategori anak-anak akan memberikan pembatasan seperti tidak bisa memberikan komentar pada video youtube. Karena pada contoh ini kita menggunakan video untuk pengumpulan tugas sekolah, maka kita bisa memilih kategori “Tidak, video ini tidak dibuat untuk anak-anak”. Selanjutnya klik “berikutnya” atau “next” di bagian kanan bawah layar.

Pada tampilan ini, kita bisa melewatkan menu untuk menambahkan tampilan-tampilan promosi video. Cukup klik tombol menu “Berikutnya” atau “Next” di bagian kanan bawah tampilan layar.

Tampilan berikutnya adalah halaman pemeriksaan. klik “tutup” pada tampilan notifikasi. Kemudian klik “berikutnya” atau “Next”

Pada halaman visibilitas, kita bisa menentukan status video kita berupa :

  • Pribadi, yaitu hanya kita dan pemilik akun Google atau gmail yang kita masukkan dalam daftar yang bisa melihat video tersebut.
  • Tidak publik, yaitu hanya kita dan orang atau pengguna umum yang kita beri link video yang bisa melihat video tersebut.
  • Publik, semua orang bisa melihat video tersebut.

Karena video yang kita unggah merupakan video tugas sekolah, maka sebaiknya kita pilih status “tidak publik”. Sehingga kita bisa membagikan link ke Guru ataupun teman sekolah kita. Setelah kita selesai memilih status visibilitas video, klik tombol “Simpan” pada bagian kanan bawah tampilan layar.

Maka kita telah selesai mengunggah atau upload file video kita. kita bisa segera membagikan link melalui media-media yang telah disediakan pada menu oleh Youtube. Atau kita juga bisa melakukan copy link melalui tombol menu yang disediakan. Kemudian klik “Tutup”.

Demikian tutorial pada kali ini, semoga mudah dipahami dan berguna bagi kita semua. Jangan lupa follow dan like akun Twitter kami di @smartdigiparent dan juga Facebook kami Smart Digital Parents agar lebih banyak teman, saudara, dan orang lain yang tahu, sehingga informasi dan tutorial kami bisa berguna untuk lebih banyak orang. Terima Kasih!!

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s