Tips dan Trik PC

Penggunaan Latar Belakang Virtual atau Virtual Background pada Aplikasi Rapat Daring Google Meet untuk PC atau Laptop

Pada artikel sebelumnya, kami menyampaikan cara penggunaan latar belakang virtual atau virtual background pada aplikasi Zoom. Pada artikel kali ini, kami akan menyampaikan cara penggunaan virtual background pada aplikasi rapat daring Google Meet. Fitur virtual background pada aplikasi Google Meet memang baru saja diluncurkan oleh Google, yaitu kira-kira pada bulan November 2020. Dan seperti pada aplikasi Zoom, fitur virtual background ini sangat berguna agar kita bisa tampil lebih rapi, lebih formal, sekaligus mendapatkan privasi untuk lokasi tempat kita berada ketika kita mengikuti kegiatan rapat daring atau kelas daring.

Berbeda dengan Zoom yang memiliki syarat perangkat keras atau hardware minimal untuk dapat menggunakan fitur virtual background, Google Meet tidak mensyaratkan hardware minimal. Akan tetapi, fitur virtual background ini hanya tersedia untuk pengguna PC atau Laptop dan wajib menggunakan aplikasi peramban internet Google Chrome.

Seperti telah dibahas pada tutorial tentang cara penggunaan Google Meet pada artikel ini, maka setelah kita masuk ke dalam website google meet, maka terdapat menu baru di sebelah kanan bawah tampilan video seperti gambar di bawah ini.

Apabila kita klik menu tersebut, akan keluar menu seperti gambar di bawah ini yang terdiri dari (1) tampilan tanpa virtual background, (2) menu untuk sedikit mengaburkan tampilan latar belakang kita, (3) menu untuk mengaburkan tampilan latar belakang kita, (4) menu untuk menambahkan gambar virtual background kita sendiri, dan (5) pilihan berbagai macam virtual background yang telah disediakan oleh Google Meet.

berikut ini adalah contoh-contoh tampilan dari menu-menu tersebut.

Pilihan yang sedikit mengaburkan tampilan latar belakang kita

Pilihan untuk mengaburkan secara penuh tampilan latar belakang kita

pilihan tampilan virtual background menggunakan gambar yang disediakan oleh Google Meet.

Apabila kita ingin menambahkan gambar virtual background kita sendiri, maka kita klik menu (+), kemudian kita pilih gambar virtual background yang kita inginkan, dan terakhir klik “open”

Sehingga tampilan virtual background sesuai gambar yang kita pilih.

Apabila kita ingin mengubah gambar virtual background di dalam kegiatan rapat daring Google Meet, kita bisa klik menu di sebelah kanan bawah, kemudian klik menu “Ubah latar belakang” atau “change background”

Maka akan keluar menu pilihan untuk mengubah tampilan virtual background yang bisa kita pilih.

Demikian tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa follow dan like akun Twitter kami di @smartdigiparent dan juga Facebook kami Smart Digital Parents agar lebih banyak teman, saudara, dan orang lain yang tahu, sehingga informasi dan tutorial kami bisa berguna untuk lebih banyak orang. Terima Kasih!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s