Tips dan Trik PC

Penggunaan Aplikasi Handbrake Untuk Memperkecil Ukuran File Video

Seperti pada tutorial kami sebelumnya, saat ini sudah umum pada kegiatan pembelajaran untuk mengirimkan file video sebagai bukti siswa mengerjakan tugasnya. Fasilitas kamera smartphone atau telepon genggam pintar tentu mempermudah pembuatan rekaman video yang dimaksud. Akan tetapi, seringkali kita hanya merekam dengan menggunakan setelan bawaan smartphone. Padahal terkadang ukuran file video hasil rekaman dari Smartphone bisa jadi sangat besar. Hal ini bisa berakibat inefisiensi seperti boros kuota internet untuk pengiriman file video, maupun kapasitas media penyimpanan di smartphone menjadi cepat habis.

Oleh karena itu, pada tutorial kali ini, kami akan menunjukkan cara untuk :

  • Memindahkan file video hasil rekaman dari smartphone ke PC / laptop
  • Menggunakan aplikasi konversi video “Handbrake” untuk memperkecil ukuran file video

Sehingga kita bisa mengirimkan file video tugas dengan lebih efisien.

Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah menghubungkan perangkat smartphone ke PC/laptop. Kita bisa menggunakan kabel data USB yang sesuai dengan smartphone. seperti pada contoh pada gambar di bawah ini.

Begitu kita menyambungkan perangkat smartphone dengan PC/Laptop, bergantung setelan pabrikan smartphone, perangkat smartphone akan menampilkan menu yang menanyakan apakah kita mengijinkan sambungan data antara smartphone dengan PC/laptop seperti gambar di bawah ini. Pada tampilan di bawah, kami memberi contoh 2 jenis perangkat, pada perangkat pertama di tampilan sebelah kiri, kita cukup klik “allow” atau “ijinkan”. Pada perangkat kedua di tampilan sebelah kanan, kita bisa klik pilihan “Transfer Files”

Maka selanjutnya, kita bisa membuka Windows explorer atau File Explorer, kemudian klik pada nama perangkat smartphone yang terkoneksi dengan PC atau Laptop kita (1). Kemudian, klik 2 kali pada media penyimpanan smartphone (2).

Klik 2 kali untuk membuka folder DCIM

Kemudian klik 2 kali pada folder Camera.

Di dalam folder Camera, geser tampilan ke bagian paling bawah. karena penamaan file hasil rekaman foto atau video berdasarkan waktu pengambilan / perekaman gambar dan video. Cari file video yang dimaksud, kemudian klik kanan pada file tersebut, dan klik menu “Copy”.

Selanjutnya, klik folder “Videos” di bagian kolom kiri file explorer(1), kemudian klik kanan pada tampilan dalam folder dan klik menu “Paste” untuk memindahkan file hasil copy dari smartphone ke PC/Laptop. Setelah file video berhasil di copy ke folder Videos, tampak bahwa hasil rekaman video menggunakan smartphone ternyata memiliki ukuran 658MB untuk rekaman video yang hanya memiliki durasi 3 menit. Tentu ukuran file video sedemikian besar sangat berat dan boros kuota untuk melakukan pengiriman file video ataupun upload ke Youtube.

Maka kita mulai menggunakan aplikasi Handbrake. Aplikasi Handbrake merupakan aplikasi konversi video gratis (open source) yang bisa di download di website https://handbrake.fr/. Setelah kita download dan instalasi aplikasi Handbrake, kita bisa mulai mengaktifkannya. Pada tampilan awal, kita klik “cancel” terlebih dahulu di bagian kiri bawah tampilan layar.

Kemudian klik “Tools” (1), dan klik “Preferences” (2)

Di dalam menu Preferences, klik “Output files” (3), kemudian untuk pilihan “MP4 File Extension” klik pilihan “Always use MP4”. Pilihan ini penting agar file video hasil konversi bisa dikirim dengan mudah melalui aplikasi Whatsapp. Setelah selesai, kita bisa klik “Back” (5)

Untuk mulai mengkonversi file video, klik tombol “open source”

kemudian klik menu “File”

Kemudian kita pilih file yang telah kita copy sebelumnya di folder “Videos”, dan klik “Open”

Setelah file diproses awal oleh Handbrake, kita bisa menentukan kualitas output file video hasil konversi. Pada contoh kali ini, kami memilih preset kualitas video “Fast 720p30”

Untuk memastikan ukuran file video yang kecil, klik pada tab “Video”, kemudian geser tombol “Quality” ke kiri sehingga angka “Constant Quality” berubah dari awalnya bernilai 24 menjadi 30 (1). Agar kita gampang mengingat nama file, kita bisa menambahkan “720p” pada nama file output (2). Setelah semua setelan selesai, kita bisa klik tombol “Start Encode” (3). Kemudian tunggu proses konversi hingga selesai. Lama proses konversi bergantung pada spesifikasi PC / Laptop kita.

Setelah proses konversi selesai, kita bisa melihat file hasil konversi di folder videos. Tampak bahwa setelah dikonversi, ukuran file video turun jauh dari yang sebelumnya 658MB, menjadi hanya 62,5MB. Sehingga lebih memudahkan kita untuk mengirim file video atau mengupload file tersebut ke Youtube.

Kami juga mencoba melakukan konversi file video dengan kualitas “Fast 480p30”

Ukuran file hasil konversi dengan setelan “Fast 480p30” di atas ternyata sebesar 20MB saja. Tentu ukuran tersebut cukup ringan untuk dikirim melalui aplikasi Whatsapp sekalipun.

Demikian tutorial pada kali ini, semoga mudah dipahami dan berguna bagi kita semua. Jangan lupa follow dan like akun Twitter kami di @smartdigiparent dan juga Facebook kami Smart Digital Parents agar lebih banyak teman, saudara, dan orang lain yang tahu, sehingga informasi dan tutorial kami bisa berguna untuk lebih banyak orang. Terima Kasih!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s