Tips dan Trik Jaringan Internet

Pemanfaatan Fitur Guest Network Pada Router Tenda AC-6 untuk Tamu / Pengguna Luar

Wifi Router Tenda AC-6 yang selama ini kami gunakan memiliki berbagai macam fitur pengaturan. seperti fitur pengaturan kecepatan akses untuk masing-masing pengguna wifi, fitur blokir akses pengguna wifi, dan satu lagi fitur yang akan kami bahas pada tulisan kali ini yaitu fitur Guest Network. Fitur Guest network ini berguna apabila kita ingin membagi akses wifi internet kita untuk tamu yang berkunjung ke rumah / kantor / toko, atau memberikan akses dengan kecepatan terbatas kepada karyawan secara umum. Sehingga kita tidak perlu repot-repot membatasi kecepatan internet untuk tiap pengguna wifi internet kita. Cara Settingnya adalah sebagai berikut.

buka aplikasi peramban internet seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, atau Microsoft Edge. Ketik alamat IP router kita. Pada router kami, alamat IP router kami adalah 192.168.0.1, kemudian klik “Enter”

masukkkan password, dan klik login. hingga kita masuk ke halaman utama setting Router Tenda AC-6. kemudian klik menu “Guest Network” di sebelah kiri.

Pada tampilan setting Guest Network, aktifkan tombol Guest Network di bagian atas layar.

kemudian atur setting Guest newtork, mulai dengan isi nama pemancar untuk guest network, beri nama yang berbeda dari nama pemancar untuk internal keluarga / internal kantor. Pada contoh kali ini, untuk internal keluarga, kami menggunakan nama pemancar Wifi Rumah untuk frekuensi 2.4GHz dan Wifi Rumah 2 untuk frekuensi 5GHz, sedangkan untuk pemancar Guest Network, kami menggunakan nama Wifi Umum 1 untuk frekuensi 2.4GHz (poin 1 pada gambar) dan Wifi Umum 2 untuk frekuensi 5GHz (poin 2 pada gambar).

Apabila dirasa perlu, jaringan Guest Network juga bisa diberi password, isi password sesuai kebutuhan (poin 3 pada gambar)

Guest Network juga memiliki fasilitas timer, kita bisa setting berapa lama pemancar Guest Network akan aktif. Hal ini bermanfaat apabila kebutuhan Guest Network tidak terus menerus, hanya beberapa jam saja, mungkin untuk kegiatan konferensi meeting di kantor atau kegiatan belajar kelompok anak-anak di rumah. terdapat opsi 4 jam, 8 jam, dan ada juga opsi always on atau selalu aktif apabila kita memang ingin memisahkan akses wifi antara internal kantor dengan karyawan lepas atau antara internal rumah dengan tamu pada umumnya. pada contoh kali ini kami memilih opsi “Always” (poin 4 pada gambar)

Guest mode juga memiliki fasilitas pembatasan kecepatan secara umum. Jadi untuk seluruh pengguna yang terkoneksi dengan pemancar Guest Network, akan mendapat satu kecepatan total maksimal yang dibagi ke seluruh pengguna Guest Network. Terdapat opsi “unlimited” atau sesuai kecepatan maksimal koneksi operator internet yang kita gunakan, kita juga bisa menentukan kecepatan secara manual melalui opsi “custom”. untuk contoh kali ini, kami membatasi kecepatan total Guest Network sebesar 2Mbps. Sehingga nantinya seluruh pengguna Guest Network akan berbagi kecepatan maksimal 2Mbps tersebut.

Apabila semua setting sudah selesai, maka klik tombol save pada bagian bawah layar

Maka Wifi Router AC-6 akan memancarkan 4 sinyal wifi, 2 sinyal wifi untuk internal keluarga / kantor (Wifi Rumah dan Wifi Rumah 2), dan 2 sinyal wifi untuk tamu / karyawan lepas (Wifi umum 1 dan Wifi umum 2) seperti tampak pada tangkapan layar smartphone kami.

Dengan demikian, kita tinggal membagikan password Guest network untuk tamu atau karyawan lepas, tanpa perlu terlalu repot membatasi akses tamu satu per satu.

Demikian tutorial kali ini, semoga bermanfaat dan mudah untuk dipraktekkan.

Apabila anda merasa tutorial ini berguna, jangan lupa untuk menyebarkan informasi tentang website kami kepada rekan atau keluarga anda. Dan apabila ada tutorial atau tips yang anda inginkan untuk kami ulas, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar. Terima kasih banyak.

Stay Safe, Stay Happy.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s