Tips dan Trik Gadget

Penggunaan Menu Blacklist pada Router Tenda AC6 untuk Memblokir akses internet

Pada tulisan sebelumnya, kami telah membahas cara pemasangan hingga pengaturan password dan pembatasan kecepatan untuk perangkat Wifi Router Tenda AC-6.

Kali ini kami akan membahas tentang cara memblokir perangkat wifi ke pemancar wifi kita. Cara ini bisa kita pergunakan untuk memblokir perangkat-perangkat yang tidak kita kenal, dari menggunakan akses internet wifi yang kita miliki.

Semisal ada orang yang tidak kita kenal mengetahui password wifi kita, dan mereka berhasil mengakses internet melalui pemancar wifi yang kita sediakan di rumah atau di kantor. Kita bisa memblokir perangkat mereka agar tidak bisa memanfaatkan akses internet wifi kita dengan menggunakan fasilitas blacklist yang tersedia di dalam menu perangkat router.

Pada tutorial ini, kami menggunakan perangkat pemancar wifi Router Tenda AC-6. Penggunaan menu blacklist ini juga tersedia di tipe lain dari perangkat router Tenda.

Cara menggunakan menu blokir “blacklist” pada pemancar wifi Router Tenda AC-6 adalah sebagai berikut.

1. dengan menggunakan perangkat yang terkoneksi ke pemacar wifi, buka aplikasi peramban internet (internet browser) seperti Firefox atau Chrome. kemudian ketik alamat 192.168.0.1 dan tekan enter. Setelah muncul halaman login, masukkan password administrator dari perangkat tenda AC-6 yang telah kita buat sebelumnya.

1 login

2. Setelah berhasil masuk ke halaman admin, klik menu “Advanced Settings” atau “Setelan Lanjutan”

2 welcome page

3. Di dalam menu “Advanced settings”, klik menu “Filter MAC address”

3 advanced settings

4. Setelah menu “Filter MAC Address” terbuka, pastikan bahwa filter berada pada opsi “Blacklist”. Kemudian klik “Save”

4 blacklisting

5. Setelah memastikan menu blacklist aktif, klik menu “Internet Status” untuk kembali ke halaman depan.

5 internet status

6. Di halaman depan, klik menu “online device” untuk membuka daftar perangkat yang terkoneksi dengan pemancar wifi router kita.

6 connection list

7. Dari daftar perangkat yang terkoneksi, kita bisa melihat perangkat apa saja yang terhubung dengan pemancar wifi kita. Apabila ada perangkat yang tidak kita kenal, kita bisa memblokir akses mereka kepada perangkat wifi kita dengan menekan tombol “add” di sebelah kanan.

7 add blacklist

maka otomatis perangkat tersebut akan masuk ke dalam daftar blacklist sehingga tidak bisa mengakses wifi kita. Apabila kita telah selesai memasukkan perangkat ke dalam menu blokir atau blacklist, klik tanda silang di kanan atas.

8. Untuk memastikan bahwa perangkat yang kita blokir telah masuk ke dalam daftar blokir atau blacklist. kita kembali ke menu “Advance Settings”

2 welcome page

9. Kemudian klik menu “Filter MAC Address”

3 advanced settings

10. Maka perangkat yang sebelumnya kita blokir akan masuk di dalam daftar blacklist seperti gambar di bawah ini.

10a blacklist page

11. Apabila kita ingin membuka blokir dari perangkat yang sebelumnya telah masuk ke dalam daftar blacklist, maka kita bisa menekan tombol lambang “tempat sampah” di sebelah kanan, kemudian klik tombol “Save” di bawah

10b delete blacklist

Demikian cara penggunaan menu blacklist filter untuk memblokir akses perangkat melalui pemancar wifi kita semoga mudah dipahami dan berguna bagi kita semua. Jangan lupa follow dan like akun Twitter kami di @smartdigiparent dan juga Facebook kami Smart Digital Parents agar lebih banyak teman, saudara, dan orang lain yang tahu, sehingga informasi dan tutorial kami bisa berguna untuk lebih banyak orang. Terima Kasih!!

2 replies »

Leave a comment