Tips dan Trik PC

Livestreaming Webinar Menggunakan Aplikasi OBS (Open Broadcaster Software)

Selama masa pandemi yang lalu, kegiatan webinar ataupun rapat daring merupakan kegiatan yang sangat rutin dilakukan. Pada kegiatan webinar, tidak jarang jumlah peserta sangatlah banyak sehingga melebihi kapasitas peserta yang bisa ditampung oleh aplikasi rapat daring seperti Zoom dan Google Meet. Salah satu solusi agar kegiatan webinar bisa ditonton oleh peserta dengan jumlah yang sangat banyak adalah dengan melakukan livestreaming pada layanan Youtube. Untuk melakukan livestreaming dari aplikasi rapat daring seperti Zoom atau Google Meet ke Youtube, kita bisa menggunakan aplikasi OBS atau Open Broadcaster Software.

Syarat awal untuk bisa melakukan livestreaming dari aplikasi Zoom / Google Meet ke youtube secara lancar adalah :

  1. Koneksi internet kabel dengan kecepatan minimal 20Mbps. sebaiknya jangan menggunakan wifi karena takut tidak stabil.
  2. PC / laptop dengan processor minimal intel core i5 (sebaiknya intel core i7 atau processor AMD yang setara demi kelancaran livestreaming)
  3. Memory atau RAM laptop minimal 8 GB (sebaiknya 16GB demi kelancaran livestreaming)

Sebelum kita menggunakan aplikasi OBS, kita perlu mempersiapkan akun Youtube kita untuk bisa mempergunakan fasilitas livestreaming. Cara mengaktifkan fasilitas Livestreaming pada Youtube adalah :

Buka website Youtube.com, dan klik “sign in” atau “masuk”

Kemudian pilih akun yang akan kita gunakan, dan masukkan password akun.

Setelah kita masuk ke dalam akun Google kita pada halaman youtube, klik menu gambar kamera di bagian kanan atas layar dan kemudian pilih menu “go live”

Maka kita masuk ke halaman youtube studio. Layanan Livestreaming tidak bisa digunakan sebelum diaktifkan terlebih dahulu. Untuk mengaktifkan layanan livestreaming, klik tombol “Request” pada bagian tengah layar.

Kemudian kita akan diminta untuk melakukan verifikasi identitas dengan menggunakan nomor telepon. klik menu “verify” pada layar.

Pada tampilan berikutnya, kita bisa memilih untuk melakukan verifikasi dengan menerima kode angka melalui SMS. Selanjutnya, masukkan nomor telepon seluler kita, dan klik “Get Code”

Pada halaman berikutnya, masukkan kode 6 angka yang telah kita terima melalui SMS di telepon seluler kita, dan klik “Submit”

Maka selanjutnya kita masuk periode menunggu layanan livestreaming aktif yang membutuhkan waktu kurang lebih 24 jam seperti tampilan di bawah ini.

Sambil menunggu fasilitas livestreaming aktif, kita bisa mulai mempersiapkan aplikasi OBS. Aplikasi OBS merupakan aplikasi gratis atau Freeware yang bisa digunakan untuk melalukan kegiatan livestreaming pada berbagai layanan video online. Aplikasi OBS ini bisa didapatkan pada website obsproject.com kita bisa langsung memilih untuk mendownload aplikasi OBS yang sesuai dengan sistem operasi yang kita gunakan. Karena pada contoh kali ini kami menggunakan sistem operasi Windows 10, maka kita klik menu “windows” pada menu download.

Setelah proses download selesai, kita bisa melakukan instalasi aplikasi dengan membuka file hasil download pada folder download seperti pada gambar di bawah ini.

Pada tampilan layar instalasi, kita cukup melakukan klik tombol “next” beberapa kali sampai proses instalasi selesai.

Apabila proses instalasi telah selesai, aplikasi OBS akan secara otomatis membuat icon pada tampilan desktop background windows kita.

Mari kita aktifkan aplikasi OBS untuk pertama kalinya. Aplikasi OBS akan memberikan menu setting atau setelan singkat yang bisa membantu kita untuk mengoptimalkan penggunaan OBS. Pada tampilan pertama, OBS akan menanyakan apakah kita lebih condong melakukan livestreaming atau melakukan kegiatan rekaman. Kita bisa memilih menu “Optimize for streaming, recording is secondary”, kemudian klik “Next”

Pada menu berikutnya, kita mendapat pilihan resolusi tampilan video yang akan ditangkap oleh OBS. Hal ini sebetulnya bergantung kepada resolusi tampilan monitor kita. Tidak perlu mengubah pilihan yang ada, cukup gunakan “use current” dan FPS “60 or 30” seperti setting awal, kemudian klik “Next”

Menu berikutnya memberi kita pilihan untuk mengaktifkan link ke layanan video yang akan kita gunakan untuk livestreaming. Karena kita belum memiliki Streaming key atau kode streeaming, maka kita klik “cancel”

Untuk melakukan livestreaming aplikasi rapat daring, kita perlu mengaktifkan aplikasi rapat daring yang akan digunakan. pada contoh kali ini, kami memulai kegiatan rapat daring pada aplikasi Zoom. Selanjutnya, klik aplikasi OBS pada Taskbar di bagian bawah layar. INGAT! Tidak perlu melakukan minimize layar Zoom agar aplikasi OBS bisa menangkap tampilan layar rapat daring Zoom.

Pada aplikasi OBS, klik tombol (+) pada menu “Sources”, kemudian pilih “Window Capture”

Maka akan muncul menu untuk memberi nama source window capture, kita cukup klik tombol “Ok”

Berikutnya, kita pilih aplikasi apa yang akan dicapture oleh OBS. Pada contoh kali ini tentu kita pilih “Zoom meeting” dan jangan lupa untuk memilih “Windows 10” pada Capture Method sehingga tampilan zoom akan tampil di dalam OBS. Selanjutnya kita klik tombol “OK” di bagian bawah menu.

Selanjutanya, kita pindah ke mozilla firefox atau aplikasi peramban (internet browser) untuk membuka kembali akun youtube kita yang sebelumnya telah kita aktifkan fasilitas livestreamingnya. Untuk livestreaming yang tidak terjadwal, langsung pada saat itu juga, klik “Start” pada pilihan “Right now” seperti gambar di bawah.

Kemudian klik tombol “Go” pada pilihan “Steraming Software” karena kita akan melakukan livestreaming dari aplikasi OBS.

Selanjutnya, kita bisa pilih opsi “No, It’s not made for kids” karena memang kegiatan livestreaming yang akan kita lakukan pada contoh kali ini adalah kegiatan webinar untuk orang dewasa. Jangan lupa untuk klik tombol “Save” di bagian kanan bawah menu.

Maka Youtube sudah siap menerima siaran livestreaming dari OBS. Saat ini, karena OBS belum diaktifkan untuk livestreaming, youtube berada pada mode standby. Hal yang selanjutnya perlu kita lakukan yaitu (1) klik “copy” pada menu “Stream key”. Untuk Stream URL (2) tidak perlu di klik.

Selanjutnya kita pindah ke aplikasi OBS, kemudian kita klik tombol “Settings” pada bagian kanan bawah tampilan aplikasi OBS.

Kemudian kita klik menu “Stream” di bagian kiri atas tampilan settings.

Di dalam menu “Stream”, pilih “Youtube” pada menu “Service”, kemudian klik tombol “Use Stream key (advanced)”

Maka kita bisa menempelkan atau “paste” stream key yang sudah kita copy sebelumnya dari youtube studio. Setelah itu, kita klik “Apply” dan “OK” pada bagian kanan bawah tampilan settings. Pada saat ini, OBS sudah siap untuk melakukan livestreaming tampilan aplikasi Zoom ke Youtube.

Untuk memulai livestreaming, kita cukup klik tombol “Start Streaming” pada bagian kanan bawah tampilan aplikasi OBS.

Apabila kita kembali ke mozilla firefox atau chrome yang berisi Youtube studio, otomatis livestreaming dari OBS sudah berlangsung di youtube. Untuk membagikan link youtube, kita bisa klik tombol “share” seperti ditunjukkan oleh angka (1). sedangkan tombol “End stream” (2) digunakan untuk menghentikan livestreaming.

Menu share livestream memungkinkan kita untuk men-copy link youtube ke berbagai aplikasi seperti twitter, whatsapp, facebook, dsb.

Ketika kegiatan livestream sudah selesai dan kita klik tombol “End Stream” kita bisa melakukan edit judul livestream dan berbagai macam pilihan lainnya dengan melakukan klik tombol “Edit in Studio”

Pada menu edit, kita bisa klik menu “Details” (1), untuk mengubah judul video (2) dan men-copy link video (3). jangan lupa untuk klik tombol “Save” (4) untuk menyimpan semua perubahan yang sudah kita lakukan.

Pada aplikasi OBS, sebelum kita nonaktifkan, jangan lupa klik tombol “Stop Streaming” di bagian kanan bawah aplikasi OBS.

Demikian tutorial pada kali ini, semoga mudah dipahami dan berguna bagi kita semua. Jangan lupa follow dan like akun Twitter kami di @smartdigiparent dan juga Facebook kami Smart Digital Parents agar lebih banyak teman, saudara, dan orang lain yang tahu, sehingga informasi dan tutorial kami bisa berguna untuk lebih banyak orang. Terima Kasih!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s