Menambahkan Akun Gmail Keluarga ke Dalam Perangkat Android dan Pemanfaatannya

Apabila beberapa anggota keluarga kita memiliki beberapa perangkat android, kami menyarankan agar membuat satu akun Gmail khusus yang digunakan oleh seluruh perangkat anggota keluarga. Terdapat beberapa keuntungan dari penggunaan akun Gmail bersama ini. Diantaranya, memudahkan penggunaan google Find My Device untuk melacak posisi seluruh perangkat anggota keluarga secara sekaligus, bisa menghemat pembelian aplikasi berbayar, juga bisa digunakan sebagai media pengiriman pesan antar anggota keluarga.

Pada tulisan sebelumnya, kami telah menunjukkan cara membuat akun Gmail baru untuk perangkat android. Pada tulisan kali ini, akan kami sampaikan bagaimana cara menambahkan akun Gmail yang sudah dibuat tersebut ke perangkat lain. Juga bagaimana cara pemanfaatannya untuk berbagai aplikasi Google di perangkat Android.

Perangkat android yang digunakan sebagai contoh pada tulisan kali ini adalah perangkat Samsung Tab S2.

Pada tampilan awal atau home screen, masuk ke dalam menu setelan atau “setting”

Di dalam setting, klik menu akun atau “cloud and accounts”

kemudian klik menu “Akun” atau “Accounts”

Di dalam halaman Accounts, klik menu “add account”

kemudian pilih “Google”

maka akan keluar menu dari Google. masukkan alamat email yang telah dibuat sebelumnya, kemudian klik “next” atau “berikutnya”

Pada halaman berikutnya, masukkan password akun Gmail, kemudian klik “next” atau “berikutnya”

Apabila alamat email dan password telah sesuai, maka kita akan masuk ke halaman persetujuan syarat dan ketentuan yang berlaku. silahkan klik “Saya setuju” atau “I agree”

maka proses penambahan akun gmail telah selesai. untuk memastikan akun gmail telah masuk ke dalam perangkat, maka di dalam halaman Accounts atau akun, kita klik menu “Google”

maka kita bisa melihat bahwa akun gmail yang telah kita masukkan berada pada urutan terbawah daftar akun gmail di dalam perangkat.

Lakukan penambahan akun Gmail yang sama untuk seluruh perangkat android milik seluruh anggota keluarga. Agar semua perangkat terhubung dengan satu alamat email yang sama. Terdapat beberapa kelebihan dari penggunaan alamat email bersama ini, berikut cara penggunaannya pada beberapa aplikasi Google.

  1. Gmail

pada aplikasi Gmail, dengan menggunakan akun satu alamat Gmail bersama, maka alamat Gmail tersebut bisa digunakan sebagai media komunikasi privat antar anggota keluarga yang bersifat lebih rahasia dibanding media komunikasi grup seperti whatsapp atau media pesan singkat lainnya. Dengan mengirim satu email ke alamat Gmail bersama tersebut, maka otomatis seluruh perangkat android milik seluruh anggota menerima email tersebut. berikut ini adalah cara untuk pindah antar akun di dalam aplikasi Gmail.

buka aplikasi Gmail

klik menu akun di pojok kanan atas.

kemudian pilih akun alamat Gmail keluarga, sehingga aplikasi Gmail akan berpindah tampilan ke daftar kotak masuk email untuk akun Gmail keluarga.

2. Google Drive

Mirip seperti aplikasi Gmail, apabila seluruh perangkat Android milik seluruh anggota keluarga juga menggunakan alamat email bersama milik keluarga, maka setiap file yang disimpan di dalam Google drive pada akun tersebut akan bisa dibuka oleh seluruh perangkat android anggota keluarga. Cara untuk berpindah akun pada aplikasi Google Drive adalah seperti berikut.

Buka aplikasi Google Drive.

Kemudian klik menu akun di pojok kanan atas.

Pilih akun Gmail bersama milik seluruh anggota keluarga. Maka Google drive akan menampilkan kotak penyimpanan Google drive untuk akun Gmail seluruh anggota keluarga.

3. Google Playstore

Salah satu keuntungan menggunakan akun Gmail bersama untuk seluruh perangkat Android milik seluruh anggota keluarga adalah, untuk aplikasi berbayar. Aplikasi berbayar terutama biasanya versi pro, yang meminta hanya satu kali pembayaran di awal untuk pembelian aplikasi.

Dengan melakukan satu kali pembelian pada salah satu perangkat Android, maka seluruh perangkat android keluarga yang juga terhubung pada akun Gmail bersama akan bisa melakukan instalasi aplikasi yang sama tanpa perlu membeli atau membayar lagi.

untuk bisa menginstall aplikasi yang sama, maka Google Playstore harus berada pada akun Gmail bersama. cara untuk berpindah akun juga mirip seperti pada aplikasi Gmail dan Google Drive yaitu :

Buka aplikasi Google Playstore

kemudian klik menu akun pada pojok kanan atas.

Pada daftar akun, pilih akun Gmail bersama milik seluruh anggota keluarga. Apabila kita melakukan pencarian aplikasi berbayar yang sudah dibeli sebelumnya, maka status aplikasi tersebut akan tertulis “Purchased” atau “sudah terbayar”. kitatinggal melakukan instalasi saja.

4. Find My Device

Apabila seluruh perangkat Android milik seluruh anggota keluarga menggunakan akun Gmail bersama, maka akan memudahkan kita untuk melacak posisi seluruh perangkat android milik seluruh anggota keluarga dengan menggunakan aplikasi Find My Device. Contoh penggunaannya adalah sebagai berikut.

buka aplikasi Find My Device

Pada halaman daftar akun, pilih akun Gmail bersama milik seluruh anggota keluarga.

kemudian pada halaman berikutnya, klik menu “lanjutkan sebagai …. ” atau “Continue as …”

Kemudian masukkan password email

Setelah memasukkan password email, klik “Masuk” atau “Sign in”

maka Google Find my device akan menampilkan posisi perangkat android milik anggota keluarga kita. data yang ditampilkan adalah lokasi untuk tiap-tiap perangkat. Daftar perangkat yang terhubung dengan akun Gmail bersama terdapat pada pojok kiri atas. Silahkan klik satu persatu untuk tiap-tiap perangkat android untuk mengetahui lokasi masing-masing perangkat.

Dengan menggunakan akun Gmail bersama, kita tidak perlu menggunakan alamat email pribadi masing-masing anggota keluarga. Sehingga mereka tetap memiliki privasi untuk akun Gmail mereka, dan kita masih bisa melacak posisi perangkat android mereka.

demikian tips dan tutorial kali ini, apabila anda merasa tips ini berguna, silahkan informasikan tips dan tutorial ini kepada keluarga dan kerabat anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s