Melacak Rekam Jejak Aktivitas Online / Rekam Jejak Penggunaan Gadget (Google / Android)

Bagi ayah bunda yang telah mengijinkan putra-putri kita untuk memiliki dan menggunakan gadget seperti smartphone atau tablet berbasis android. Terkadang kita ingin mengetahui apa saja aktivitas mereka selama melakukan kegiatan online menggunakan gadget tersebut. Google selaku penyedia sistem operasi android telah memiliki fasilitas pencatatan rekam jejak kegiatan online.

Syarat untuk anda dapat mengakses catatan rekam jejak online tersebut adalah, anda mengetahui alamat email beserta password dari akun google pada gadget yang digunakan oleh anak anda. Fasilitas catatan rekam jejak kegiatan online tersebut dapat kita akses melalui website https://myactivity.google.com

Pada halaman awal google my activity, klik tanda “sign in” atau “masuk”

1

Kemudian masukkan alamat email akun google gadget yang digunakan oleh putra putri kita.

2

Setelah itu, masukkan password dari akun google tersebut.

3

Maka anda akan dapat langsung mengakses rekam jejak aktivitas online pada gadget putra putri kita.

4.png

Rekam jejak ini akan menampilkan catatan per hari. Catatan yang direkam akan jauh lebih lengkap terutama kalau putra putri kita melakukan login pada aplikasi-aplikasi yang terdapat dalam gadget seperti Google Chrome, Youtube, dsb.

Selain untuk melihat catatan rekam jejak aktivitas online putra putri kita, kita juga bisa menggunakan web myactivity.google.com ini untuk mengetahui rekam jejak aktivitas online kita sendiri. Terkadang, bagi kita yang meminjamkan gadget kita ke putra putri kita, kita kaget kalau ada tampilan iklan yang masuk kategori dewasa seperti produk khusus dewasa dsb. Seringkali kita menyalahkan aplikasi yang digunakan putra putri kita, kenapa aplikasi tersebut yang notebene adalah aplikasi untuk anak-anak, menampilkan iklan kategori dewasa?

Perlu kita ketahui bersama, untuk aplikasi yang bersifat gratis, para pembuat aplikasi gratis tersebut mengandalkan pemasukkan dari layanan iklan Google Adsense. Layanan Google Adsense ini memiliki beberapa ketentuan untuk menampilkan iklan di dalam aplikasi-aplikasi gratis, yang dikhususkan untuk masing-masing gadget yang menginstall aplikasi tersebut. Ketentuan yang digunakan oleh Google Adsense dalam menampilkan iklan di dalam aplikasi untuk suatu gadget tertentu diantaranya adalah :

  • Sejarah rekam jejak aktivitas online pada gadget tersebut
  • Tren aktivitas online di dalam suatu wilayah
  • Permintaan dari pemasang iklan

Dari tiga poin di atas, untuk poin kedua dan ketiga tidak dapat kita kendalikan. Karena itu menyangkut pihak eksternal di luar aktivitas kita sendiri. Sedangkan, untuk poin pertama, jelas bahwa iklan yang ditampilkan di semua aplikasi gratis yang terdapat di gadget kita merupakan akumulasi dari rekam jejak aktivitas online kita sendiri.

Google adsense akan menggunakan rekam jejak anda di myactivity.google.com untuk menentukan kira-kira hal apa yang sangat menarik bagi anda untuk ditampilkan dalam bentuk iklan. Misal kita beberapa kali pernah mencari informasi produk khusus dewasa, atau membuka artikel berita kesehatan kategori dewasa. Maka Google Adsense akan menganggap kita memiliki ketertarikan pada hal-hal tersebut, dan menampilkannya pada setiap aplikasi gratis yang terdapat pada gadget kita. Tanpa memperdulikan bahwa aplikasi gratis yang sedang dibuka itu adalah aplikasi permainan yang sedang dibuka oleh putra putri kita.

Salah satu cara kita bisa memastikan agar gadget kita tidak menampilkan iklan yang kurang sesuai untuk putra putri kita, adalah dengan menghapus rekam jejak kita di myactivity.google.com. langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut :

login ke myactivity.google.com menggunakan akun kita sendiri, kemudian klik menu “delete activity by”

5 delete

Di dalam menu “delete activity by”, maka kita bisa melakukan penghapusan rekam jejak berdasar tanggal, berdasar aplikasi, dsb.

6 delete.png

Dengan demikian, kita bisa merasa lebih aman ketika meminjamkan gadget kita kepada putra putri kita. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan lebih banyak privasi untuk aktivitas online kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s