Tips dan Trik PC

Penggunaan Aplikasi MS Word sebagai Teleprompter Rapat Daring / Online Meeting

Pada tips singkat kali ini, kami akan menyampaikan cara menggunakan aplikasi MS Word sebagai teleprompter atau media penampil teks pidato / teks materi pada kegiatan rapat daring / online meeting.

Seperti kita ketahui, kegiatan rapat daring / online meeting sudah menjadi kegiatan sehari-hari saat ini. Baik itu untuk kegiatan pekerjaan ataupun pendidikan seperti sekolah / belajar daring. Salah satu kegiatan yang dilakukan dalam rapat daring adalah kita bertindak sebagai pembicara yang menyampaikan materi, melaporkan tugas, memberikan sambutan, dan sebagainya.

Bagi kita yang belum terbiasa berbicara di depan kamera ataupun di depan umum, tentu hal ini bisa menyebabkan grogi / gugup ketika bertindak sebagai pembicara. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa gugup tersebut adalah dengan menampilkan teks catatan materi yang disampaikan pada layar laptop / notebook. Kali ini kami memberikan contoh dengan menggunakan aplikasi MS Word.

Untuk menggunakan MS Word sebagai teleprompter, pertama buka aplikasi MS Word dan buka file teks materi yang akan disampaikan. Kemudian, klik tombol “Resize” di area pojok kanan atas layar

kemudian arahkan mouse ke pojok kanan bawah atau pojok kiri bawah jendela aplikasi MS Word

hingga pointer mouse berubah menjadi pointer “resize” seperti gambar berikut ini

klik dan tahan mouse, kemudian geser hingga ukuran jendela aplikasi MS Word menjadi lebih kecil. Atur ukuran dan posisi jendela aplikasi MS Word hingga menjadi seperti pada gambar di bawah ini. dengan posisi jendela aplikasi MS Word kurang lebih berada di bagian tengah-atas tampilan layar laptop.

Agat teks yang ditampilkan bisa lebih banyak terlihat tanpa terganggu tampilan menu dari MS Word, klik tombol “Hide menu” seperti pada gambar di bawah ini.

dengan demikian, tampilan hasil akhir kombinasi dari aplikasi ms word dan zoom tampak seperti gambar di bawah ini. untuk teks yang panjang, kita tinggal menekan tombol panah bawah pada keyboard agar teks bisa tampil berkelanjutan ke bagian bawah teks materi.

Kami sengaja memposisikan jendela aplikasi MS Word sedemikian rupa seperti gambar di atas dengan alasan, agar ketika kita membaca teks materi, posisi mata kita tidak terlalu jauh dari posisi webcam yang berada di atas layar. Sehingga kita tidak terlalu tampak sedang membaca teks. Apabila ukuran jendela aplikasi MS Word kita atur lebih lebar ke samping dan memanjang ke bawah, tentu bagi penonton online meeting, mata kita tampak bergerak dari kanan ke kiri, dan dari atas ke bawah, sebagai ciri orang yang sedang membaca teks.

Tentu saja, tampilan teks pada aplikasi MS Word hanyalah sebagai alat bantu untuk mempermudah kita dalam menyampaikan materi / berbicara pada kegiatan online meeting. Kita tetap perlu untuk berlatih intonasi suara agar tidak terkesan kaku pada saat menyampaikan materi.

Demikian tutorial pada kali ini, semoga mudah dipahami dan berguna bagi kita semua. Jangan lupa follow dan like akun Twitter kami di @smartdigiparent dan juga Facebook kami Smart Digital Parents agar lebih banyak teman, saudara, dan orang lain yang tahu, sehingga informasi dan tutorial kami bisa berguna untuk lebih banyak orang. Terima Kasih!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s