Tips dan Trik Gadget

Tutorial Penggunaan Google Meet pada Smartphone (Android)

Pada tulisan sebelumnya, kami menunjukkan cara menggunakan google meet untuk telekoferensi, terutama sebagai host kegiatan meeting. Kemudian terdapat beberapa permintaan kepada kami untuk menunjukkan cara penggunaan Google Meet pada HP, terutama sebagai peserta kegiatan meeting.

Karena banyak terjadi peserta menekan tombol presentasi layar atau “presenting” pada smartphone mereka, sehingga membuat kegiatan meeting tidak bisa berlangsung dengan baik. Hal ini terjadi karena tampilan layar Google Meet “dikuasai” tampilan layar smartphone peserta yang menekan tombol “presenting” atau presentasi layar. Oleh karena itu, berikut ini kami sampaikan cara penggunaan Google Meet pada smartphone berbasis Android google untuk anda sebagai peserta kegiatan meeting.

Google Meet bisa kita dapatkan dengan cara melakukan instalasi aplikasi Google Meet melalui Google Playstore. Ketik kata “Google Meet” pada Google Playstore, kemudian lakukan instalasi pada aplikasi tersebut.

Baru kemudian kita bisa membuka aplikasi Google Meet yang akan menunjukkan halaman awal seperti gambar di bawah ini. Untuk kenyamanan kegiatan google meet, biasanya penyelenggara kegiatan meminta kita mematikan mic smartphone kita, untuk mematikan mic, klik tombol mic di sebelah kiri bawah seperti ditunjukkan pada panah.

Kemudian, apabila kita ingin mematikan fungsi kamera, kita bisa klik tombol kamera di sebelah kanan bawah seperti gambar di bawah ini.

Maka tampilan akan menjadi seperti di bawah ini. Apabila kita hendak masuk ke dalam kegiatan google meeting secara manual, kita harus memasukkan kode meeting melalui menu “meeting code” pada sebelah kanan bawah.

Masukkan kode google meet yang telah diberikan oleh penyelenggara, kemudian klik “Join Meeting” atau “gabung Meeting”. JANGAN KLIK “Present” atau “Presentasikan” karena itu akan menampilkan tampilan layar kita kepada peserta kegiatan meeting yang lain, dan berpotensi mengganggu kegiatan google meeting.

Setelah memasukkan kode meeting, akan muncul opsi untuk memohon ijin bergabung ke dalam kegiatan meeting. Apabila kita membuka aplikasi google meet menggunakan link yang dibagikan melalui whatsapp atau email, maka kita akan langsung masuk pada tampilan halaman ini. Pastikan (1) matikan mic, juga matikan kamera kalau perlu, kemudian (2)  klik “ask to join” untuk memohon ijin bergabung ke dalam kegiatan meeting.

Apabila kita sudah melakukan klik menu “ask to join” maka kita tinggal menunggu konfirmasi dari penyelenggara kegiatan meeting untuk bisa mengikuti kegiatan meeting.

Apabila kita sudah masuk di dalam kegiatan google meeting, maka tampilan akan seperti gambar di bawah ini. Karena mic smartphone telah kita nonaktifkan sebelumnya, maka untuk berkomunikasi dengan seluruh peserta kegiatan meeting, kita bisa menggunakan fitur “chat” melalui tombol menu chat di tengah layar.

Di dalam menu chat, cukup klik kolom chat, kemudian ketik pesan yang ingin disampaikan, dan klik tombol “send” atau “kirim”

Apabila kegiatan meeting sudah selesai, atau kita hendak keluar dari kegiatan meeting, cukup klik tombol “tutup” pada bagian tengah layar, atau klik tombol “back” pada menu navigasi di bagian bawah layar smartphone android.

Maka kita akan berpindah ke tampilan seperti di bawah ini. Apabila kita tidak sengaja keluar dari kegiatan meeting, maka cukup klik tombol “rejoin” atau “gabung kembali”. JANGAN KLIK “Present” atau “Presentasikan” karena itu akan menampilkan tampilan layar kita kepada peserta kegiatan meeting yang lain, dan berpotensi mengganggu kegiatan google meeting.

Demikian tutorial kali ini, semoga bermanfaat, apabila anda merasa tutorial ini berguna, silahkan bagikan informasi tentang tutorial ini dan website kami kepada keluarga atau rekan anda yang lainnya.

apabila terdapat pertanyaan tentang tutorial ini, atau ada tutorial yang ingin ditampilkan di website ini, silahkan beri komentar pada kolom komentar di bawah. Terima kasih banyak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s