Tips dan Trik PC

Tips untuk Memperlancar Zoom Meeting pada PC berbasis Windows 10

Akhir-akhir ini banyak sekali pengunjung website kami yang mencari informasi tentang bagaimana memperlancar kegiatan Zoom meeting. Banyak diantara mereka yang mengalami kendala seperti zoom meeting tersendat-sendat, macet, hingga error pada perangkat PC / komputernya. Setelah kami telusuri berbagai sumber yang ada di internet, kami mendapatkan beberapa tips yang bisa digunakan untuk memperlancar kegiatan Zoom meeting.

  1. Update / perbaruan aplikasi Zoom secara berkala

Zoom secara berkala melakukan perbaruan dan peningkatan versi aplikasinya. Perbaruan ini berfungsi untuk perbaikan error yang mungkin terjadi pada versi zoom sebelumnya, juga menambah beberapa fasilitas yang terdapat di dalam aplikasi. Akan tetapi, proses update atau perbaruan tersebut kebanyakan harus dilakukan secara manual. Cara melakukan update aplikasi Zoom telah kami sampaikan pada tutorial ini.

2. Update /perbaruan driver VGA / Chip Grafis pada Laptop / PC

Selain melakukan perbaruan aplikasi zoom, ada baiknya kita juga melakukan perbaruan untuk driver VGA atau chip grafis yang terdapat pada Laptop / PC kita. Karena, seringkali aplikasi zoom membutuhkan driver VGA yang terbaru untuk menjamin kelancaran penggunaan aplikasi Zoom dalam kegiatan online meeting. 3 (Tiga) produsen utama chip grafis atau VGA diantaranya adalah :

  • Intel. Banyak laptop yang menggunakan chip grafis atau VGA intel. Untuk mempermudah proses perbaruan driver, intel menyediakan aplikasi perbaruan driver bernama Intel Driver & Support Assistant yang bisa diunduh pada link berikut ini. untuk langsung mengunduh file installer, silahkan klik link berikut ini.
  • NVidia. Produsen chip grafis NVidia banyak digunakan terutama pada PC sebagai chip grafis terpisah atau discreet graphic card, juga banyak digunakan di laptop-laptop kelas menengah atas ataupun gaming. Untuk melakukan update terbaru driver chip grafis NVidia, silahkan buka halaman daftar driver pada link berikut ini. cari type chip grafis yang sesuai dengan chip grafis nvidia yang kita miliki di laptop ataupun PC kita.
  • AMD Radeon. Akhir-akhir ini banyak laptop yang menggunakan prosesor berbasis AMD Ryzen, dan pada umumnya mereka menggunakan chip grafis AMD Radeon. Untuk mengunduh driver terbaru chip grafis AMD Radeon, silahkan membuka link berikut ini.

3. Tutup aplikasi selain Zoom yang tidak dibutuhkan.

Pada saat kegiatan Zoom Meeting, sebaiknya kita menutup atau mematikan aplikasi-aplikasi lain yang tidak digunakan. Misal kita juga membuka internet browser atau peramban internet untuk membuka youtube, atau hal lainnya yang tidak berkaitan dengan kegiatan Zoom meeting, maka lebih baik aplikasi tersebut ditutup terlebih dahulu. Kita tetap bisa membuka aplikasi yang berhubungan atau dibutuhkan selama kegiatan Zoom meeting, misal seperti powerpoint yang dipresentasikan, atau video maupun musik yang dibutuhkan.

4. Jangan melakukan kegiatan upload atau download file berukuran besar ketika melaksanakan Zoom Meeting.

Saat Zoom Meeting, sebaiknya kita tidak melakukan unggah / upload ataupun unduh / download file berukuran besar. Karena hal ini bisa berdampak pada Zoom yang kekurangan sumber daya aliran data internet (internet bandwidth) yang digunakan oleh kegiatan upload ataupun download tadi. Hal ini bisa menyebabkan streaming video tampak tersendat-sendat atau bahkan sampai macet dan kita bisa dikeluarkan dari Zoom meeting oleh sistem.

5. Menonaktifkan beberapa fasilitas atau fitur aplikasi Zoom

Di dalam aplikasi Zoom sendiri, terdapat beberapa fasilitas atau fitur yang bisa memberatkan prosesor Laptop / PC saat digunakan. Cara menonaktifkan beberapa fitur tersebut yaitu :

Dari tampilan awal aplikasi Zoom, klik tombol “Settings” di bagian kanan atas tampilan.

Di halaman Settings, terdapat beberapa fitur yang bisa kita nonaktifkan diantaranya pada bagian “Video”. Klik menu Video di bagian kiri tampilan.

Di dalam tampilan setelan atau setting Video, kita bisa aktifkan pilihan “Original ratio” dan mematikan atau menonaktifkan semua yang kami beri tanda kotak kuning. diantaranya pilihan “HD“, “Mirror my video“, “Touch up my appearance“, “Adjust for low light“. Dengan demikian, tenaga prosesor ataupun chip grafis pada Laptop ataupun PC tidak terbebani fitur-fitur tersebut.

Kita juga bisa menonaktifkan fitur Virtual Background apabila memang tidak terlalu dibutuhkan. Cara menonaktifkan fitur Virtual Background adalah dengan klik menu “Background & Filters” di bagian kiri tampilan Setting. kemudian klik “None” seperti gambar di bawah ini.

6. Gunakan tampilan “Speaker view” saat zoom meeting.

Pada saat kegiatan Zoom meeting, sebaiknya kita menggunakan tampilan “Speaker View” dan tidak menggunakan tampilan “Gallery View“. Terutama apabila kita merupakan peserta dalam kegiatan zoom meeting / webinar. Penggunaan “Gallery View” akan membutuhkan kecepatan data atau internet bandwidth yang cukup besar. karena Zoom harus menampilkan banyak peserta sekaligus. Gallery View juga membebani prosesor dan chip grafis yang bekerja berat untuk menampilkan banyak peserta dalam satu tampilan layar.

Demikian tutorial pada kali ini, semoga mudah dipahami dan berguna bagi kita semua. Jangan lupa follow dan like akun Twitter kami di @smartdigiparent dan juga Facebook kami Smart Digital Parents agar lebih banyak teman, saudara, dan orang lain yang tahu, sehingga informasi dan tutorial kami bisa berguna untuk lebih banyak orang. Terima Kasih!!

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s