Tips dan Trik PC

Tips Mengatasi Aplikasi Zoom yang Menyebabkan Ngadat / Hang / Crash pada Laptop Berbasis Windows 10

Pada tips kali ini, kami menawarkan salah satu solusi yang mungkin bisa diaplikasikan apabila kita mengalami laptop ngadat / hang / crash ketika melakukan kegiatan rapat daring menggunakan aplikasi Zoom. Hal ini berawal dari keluhan salah satu rekan kami yang melaporkan bahwa laptopnya sering ngadat / crash ketika melakukan rapat daring menggunakan aplikasi Zoom. Padahal laptopnya termasuk relatif baru, laptop yang baru diluncurkan pada tahun 2019 dengan spesifikasi teknis yang cukup tinggi dan menggunakan sistem operasi berbasis Windows 10.

Pada awalnya kami berusaha memeriksa spesifikasi teknis laptop tersebut, dengan prosesor yang relatif baru, media penyimpanan SSD NVME yang kencang, dan windows 10 yang terupdate, seharusnya tidak ada masalah yang bisa menyebabkan laptop ngadat atau hang. Kecurigaan kami arahkan kepada jumlah memory RAM yang hanya sebesar 4GB. Cukup kecil untuk sistem operasi Windows 10 yang seringkali membutuhkan RAM lebih dari 4 GB untuk membuka beberapa aplikasi sekaligus. Maka kami menyarankan penambahan keping memory RAM sebesar 4GB lagi agar total RAM menjadi 8GB. Ternyata penambahan RAM tidak menyelesaikan solusi. windows memang menjadi lebih gegas, tetapi tetap terjadi ngadat / hang ketika digunakan untuk rapat daring dengan menggunakan aplikasi Zoom.

Langkah berikutnya kami lakukan adalah melakukan install ulang sistem operasi windows 10, karena kecurigaan kami akan kemungkinan windows memiliki masalah akibat update yang tidak tuntas. tetapi masalah ngadat ketika digunakan untuk zoom ternyata masih muncul. Selanjutnya, kami melakukan update driver untuk seluruh perangkat yang terdapat di dalam laptop, seperti driver chipset, driver chip grafis video, driver soundcard, driver wifi, dst. Kami bahkan juga melakukan update BIOS laptop dengan harapan bisa menyelesaikan masalah di atas. Hasil setelah melakukan semua langkah di atas, juga masih belum memuaskan, ada kalanya aplikasi Zoom bisa berjalan stabil, ada kalanya aplikasi Zoom menyebabkan laptop ngadat / hang ketika rapat daring dengan aplikasi Zoom baru berlangsung 5 menit.

Akhirnya kami berusaha mencari informasi di internet, penelusuran di mesin pencari Google dengan kata kunci “Zoom crash windows 10” ternyata menghasilkan banyak link yang menyatakan bahwa kasus yang terjadi pada laptop rekan kami tidak jarang. Banyak yang juga mengalaminya, seperti pada tampilan di bawah ini. Dan rata-rata para pelapor laptop yang ngadat mengatakan bahwa mereka juga sudah berusaha melakukan langkah-langkah yang sama dengan kami, seperti install ulang windows, update driver, dsb.

Setelah menelusuri beberapa tautan, kami mendapati satu tautan yang menarik, yaitu solusi yang ditawarkan oleh salah satu orang di forum tanya jawab microsoft seperti pada gambar di bawah ini (tautan ke forum tersebut kalau mau mempelajari lebih lanjut), secara umum penjelasan pada tautan tersebut adalah, aplikasi Zoom memaksa laptop untuk masuk ke kondisi kebutuhan daya listrik tertentu, yang menyebabkan windows 10 menjadi ngadat / hang.

Kami sudah mencoba untuk melakukan langkah yang dilakukan di dalam tautan tersebut di atas, tetapi belum berhasil. Kode perintah yang diberikan tidak bisa kami gunakan di laptop kami. Kemudiannya kami ingat, pada saat kami mencoba kestabilan laptop setelah instalasi driver dan BIOS terbaru laptop, kami melakukan simulasi rapat daring menggunakan aplikasi Zoom dengan kondisi laptop di charge. Pada waktu itu kami sempat mendapatkan kondisi laptop cukup stabil untuk rapat daring menggunakan aplikasi Zoom untuk waktu yang cukup lama, mencapai lebih dari 20 menit. Akhirnya kami coba lagi simulasi rapat daring, ketika laptop tidak di charge menggunakan adaptor, dengan kondisi baterei penuh, dua kali kami lakukan simulasi, kedua simulasi berujung laptop ngadat atau hang ketika rapat daring baru berlangsung 5 menit atau bahkan kurang. Berikutnya kami lakukan simulasi rapat daring lagi, dengan kondisi laptop di charge menggunakan adaptor charger, ternyata laptop tidak ngadat sama sekali sampai lebih dari 30 menit.

Dari kejadian di atas dapat kami simpulkan, bahwa aplikasi rapat daring Zoom memang meminta kondisi daya tertentu pada laptop yang menyebabkan laptop ngadat / hang. Dan apabila laptop digunakan dalam keadaan di charge menggunakan adaptor, maka supply daya listrik tambahan dari adaptor charger laptop bisa memenuhi kebutuhan daya yang diminta oleh aplikasi Zoom. Sehingga solusi yang bisa digunakan untuk mencegah laptop ngadat adalah dengan selalu memasang adaptor charger pada laptop ketika rapat daring melalui aplikasi Zoom meskipun baterei laptop dalam kondisi penuh.

Demikian analisa dan tips yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat dan berguna untuk kita semua. Jangan lupa follow dan bagikan informasi tentang website kami kepada saudara, kerabat, rekan anda sekalian apabila anda merasa informasi yang kami sampaikan berguna untuk anda. Dan silahkan beri komentar atau pertanyaan apabila ada tips atau tutorial yang ingin dibahas pada tulisan selanjutnya. Terimakasih!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s