Pemanfaatan Fitur Kids Mode pada Perangkat Android Samsung

img_howto

Image Courtesy of samsung kids mode

Samsung merupakan salah satu pabrikan besar perangkat elektronik yang memiliki pangsa pasar sangat besar. Samsung memproduksi perangkat elektronik seperti smartphone ataupun tablet untuk setiap jenjang harga, mulai dari kelas rendah hingga yang paling mahal. Oleh karena itu pengguna smartphone ataupun tablet samsung di semua kalangan sangatlah banyak. Banyak diantara kita yang memberikan atau meminjamkan perangkat samsung tersebut sebagai perangkat hiburan kepada anak-anak kita. Samsung menyediakan sebuah aplikasi tambahan untuk membantu membatasi atau mengamankan penggunaan smartphone ataupun tablet pada anak-anak. Nama aplikasi tersebut adalah Samsung Kids mode.

Aplikasi tersebut tersedia di samsung galaxy appstore dan hanya dapat diinstall untuk perangkat samsung. Fasilitas yang disediakan oleh samsung kids mode diantaranya adalah :

  1. Pembatasan kontak yang bisa dihubungi oleh anak
  2. Pembatasan waktu penggunaan smartphone atau tablet
  3. Aplikasi-aplikasi permainan yang aman untuk anak
  4. Pembatasan media musik atau video yang boleh ditonton atau didengarkan oleh anak.
  5. Fasilitas keamanan menggunakan PIN

Tentu saja, semua fasilitas tersebut tidak otomatis langsung aktif begitu kita menginstall / memasang aplikasi kids mode pada perangkat samsung. Kita harus melakukan penyetelan awal terlebih dahulu ketika kita mengaktifkan aplikasi kidsmode untuk pertama kali nya.

Aplikasi Kids mode hingga saat tulisan ini dibuat mendukung perangkat samsung mulai tipe :

Galaxy Note 7 / Galaxy A7 / Galaxy A8 / Galaxy Note4 / Galaxy Note5 / Galaxy Note Edge / Galaxy S5 Neo / Galaxy S6 / Galaxy S6 Edge / Galaxy S6 Active / Galaxy S6 Edge Plus / Galaxy S7 / Galaxy S7 Edge / Galaxy A5 / Galaxy Alpha / Galaxy E5 / Galaxy E7 / Galaxy A5 (2016) / Galaxy A7 (2016) / Galaxy Tab S2 (8.0, 9.7) / Galaxy Tab A (8.0, 9.7, 7.0, 10.1) Galaxy Tab A Plus (8.0, 9.7) / Galaxy Tab E (9.6)

perangkat-perangkat samsung yang diproduksi setelah perangkat yang terdapat pada daftar di atas juga didukung.

Apabila kita hendak menginstall / memasang aplikasi samsung kids mode pada perangkat samsung kita, langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut :

Install aplikasi kids mode dari Google Play Store

down_step1.png

Setelah aplikasi Kids Mode terpasang di perangkat samsung kita,  buka aplikasi kidsmode untuk mendownload file tambahan untuk aplikasi Kids Mode.

down_step2 copy.png

Baru kemudian kita bisa mulai menggunakannya.

down_step4.png

Pertama kali kita mengaktifkan Kids Mode, akan keluar menu untuk membuat PIN yang terdiri dari 4 digit angka. Pastikan PIN tersebut mudah untuk kita ingat, tapi sulit ditebak oleh anak-anak kita.

pin_step1.png

Pin ini nantinya bisa kita gunakan untuk mengubah setelan kontrol orang tua atau parental control pada kids mode, juga bisa kita gunakan untuk keluar dari aplikasi kids mode

pin_step2 copy.png

Selanjutnya kita mengisi profil putra-putri kita untuk aplikasi kids mode, dimulai dengan mengisi data anak

profile_step1 copy.png

Di dalam profil ini kita bisa menentukan daftar kontak siapa saja yang bisa dihubungi oleh putra-putri kita, sehingga mereka aman dari telepon oleh orang yang tidak dikenal. Selain itu, kita juga bisa menentukan aplikasi apa saja yang boleh digunakan oleh putra putri kita.

profile_step4 copy

Fitur yang menurut kami paling berguna dari aplikasi Kids Mode ini adalah fitur timer atau pembatasan waktu penggunaan gadget. Cara pengaturannya adalah dengan melakukan klik pada ikon profil, kemudiam memasukkan PIN kita.

protect_step1 copy1.png

Di halaman parental control atau control orangtua, terdapat menu untuk mengatur berapa lama putra-putri kita bisa menggunakan gadget. Setelan awal menetapkan tanpa batas waktu atau unlimited. Akan tetapi, kita bisa tetapkan timer atau pembatas waktu dengan batas waktu maksimal yang disediakan adalah sebanyak 3 jam per hari. Fitur pembatas waktu ini terbagi untuk hari kerja dan akhir minggu atau hari libur.

protect_step3 copy.png

Menu parental control juga menyediakan pilihan untuk mengubah daftar kontak, daftar aplikasi yang bisa digunakan, dan daftar media yang bisa dibuka.

Apabila putra putri kita telah selesai menggunakan atau bermain dengan gadget tersebut. kita bisa keluar dari aplikasi kids mode dengan menekan tombol keluar dan memasukkan pin kita.

exit kids mode.png

 

sumber : samsung kids mode

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s