Tips dan Trik PC

Tutorial Untuk Melakukan Update Aplikasi Zoom pada PC / Laptop Windows.

Seperti kita ketahui bersama, saat ini aplikasi zoom sangat banyak digunakan untuk kegiatan rapat daring ataupun kelas daring. Dengan begitu banyak penggunanya, tentu aplikasi zoom terus melakukan pembaharuan atau update aplikasi dengan tujuan :

  • Memperbaiki error atau kerusakan yang bisa menyebabkan aplikasi bisa macet atau hang seperti pada tulisan kami sebelumnya.
  • Meningkatkan kestabilan penggunaan aplikasi
  • Penambahan fitur baru

Akan tetapi, layanan pembaharuan atau update zoom ini tidak bisa berjalan otomatis ketika kita membuka aplikasi zoom pada PC atau laptop berbasis sistem operasi windows. Berbeda dengan aplikasi Zoom di ponsel pintar atau smartphone android ataupun iOS, yang memberikan notifikasi untuk update otomatis melalui playstore ataupun Appstore. Pada PC atau Laptop, kita harus melakukannya secara manual.

Akibatnya, banyak di antara kita yang mungkin mengalami error pada aplikasi zoom akibat menggunakan versi lama dari aplikasi zoom, tetapi tidak mengetahui bagaimana cara melakukan update aplikasi tersebut. Berikut ini kami tampilkan cara untuk melakukan pembaharuan atau update aplikasi zoom.

pertama, buka aplikasi zoom pada PC atau laptop kita. Pastikan bahwa kita sudah login ke dalam aplikasi zoom. Cara untuk login bisa dilihat pada tutorial pada link ini. Pada tampilan aplikasi zoom, klik tombol menu profil di pojok kanan atas (1), kemudian klik menu “Check for Updates”

Maka aplikasi zoom akan mulai melakukan pemeriksaan update. Apabila terdapat versi yang baru, aplikasi zoom akan otomatis melakukan download atau mengunduh versi yang baru tersebut. kita cukup menunggu hingga selesai.

Apabila proses download telah selesai, aplikasi zoom akan menampilkan menu untuk konfirmasi update. Kita cukup melakukan klik tombol “update”, maka zoom akan memulai proses instalasi file update sampai selesai.

Apabila proses pembaharuan atau update sudah selesai, maka aplikasi Zoom akan kembali kepada tampilan awal. Untuk memastikan bahwa kita sudah mendapatkan versi terbaru dari aplikasi zoom, kita bisa mengulangi proses pemeriksaan pembaharuan atau “Check for Update” seperti pada langkah pertama. Apabila kita sudah mendapatkan versi terbaru, maka aplikasi Zoom akan menampilkan informasi seperti gambar di bawah ini.

Cara lain untuk melakukan pemeriksaan pembaharuan atau update aplikasi zoom, apabila kita tidak melakukan login ke dalam aplikasi zoom adalah, dengan melakukan klik pada menu icon di sebelah kanan bawah tampilan layar windows 10. Kemudian klik tombol kanan mouse pada icon aplikasi zoom, dan klik menu “Check for updates” seperti pada gambar di bawah ini.

Demikian tutorial pada kali ini, semoga mudah dipahami dan berguna bagi kita semua. Jangan lupa follow dan like akun Twitter kami di @smartdigiparent dan juga Facebook kami Smart Digital Parents agar lebih banyak teman, saudara, dan orang lain yang tahu, sehingga informasi dan tutorial kami bisa berguna untuk lebih banyak orang. Terima Kasih!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s