Tips dan Trik PC

Tutorial Instalasi dan Penggunaan Aplikasi Zoom untuk Laptop / PC berbasis windows 10

Salah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk kegiatan rapat daring / online meeting / webinar selain Google Meet adalah aplikasi Zoom. Aplikasi ini menjadi terkenal dengan cepat karena mudah digunakan dan gratis. Meskipun tentu ada fasilitas-fasilitas tertentu yang hanya bisa digunakan pada versi berbayarnya. Seperti apabila ingin mengadakan rapat daring / webinar dengan jumlah peserta lebih dari 100 atau apabila hendak mengadakan rapat daring / webinar dengan jangka waktu lebih dari 40 menit, dan berbagai fasilitas tambahan lainnya, maka kita harus menggunakan versi berbayar.

Akan tetapi, sebagai peserta rapat daring / online meeting / webinar, layanan tersebut tersedia secara gratis tanpa perlu membayar biaya layanan sama sekali. Untuk menggunakan zoom di laptop / PC berbasis windows 10, langkah yang diperlukan sedikit berbeda dibanding dengan Google Meet. Jika Google Meet cukup dibuka / diakses dengan menggunakan aplikasi peramban / browser internet semacam Google Chrome / Mozilla Firefox / Microsoft Edge, Zoom tidak demikian. Aplikasi Zoom harus di download terlebih dahulu dan di instalasi ke dalam PC / laptop kita. Berikut ini adalah cara instalasinya.

Buka aplikasi peramban internet, boleh Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Microsoft Edge. Kemudian ketik “zoom download” di kotak pencarian, dan tekan “enter”

Setelah muncul halaman hasil pencarian, klik tautan “download” seperti pada gambar di bawah.

Maka secara otomatis aplikasi instalasi awal akan diunduh / didownload ke dalam laptop / PC kita. Setelah selesai proses download, klik file hasil download seperti pada gambar untuk memulai proses instalasi Zoom

Kemudian aplikasi zoom akan secara otomatis terinstall di dalam laptop / PC kita, yang ditandai dengan indikator penanda proses instalasi seperti gambar di bawah ini.

Apabila proses instalasi telah selesai, aplikasi zoom secara otomatis akan terbuka dan aktif menampilkan halaman awal.

Cara lain untuk mengaktifkan aplikasi zoom adalah, klik tombol “windows” di pojok kiri bawah layar, kemudian geser daftar aplikasi sampai bawah, dan cari folder Zoom. Di dalamnya terdapat tautan untuk mengaktifkan aplikasi zoom.

Demikian adalah cara untuk instalasi aplikasi zoom pada laptop / PC berbasis Windows 10. Berikutnya adalah pengenalan cara penggunaan dan menu-menu yang terdapat di dalam aplikasi zoom. Salah satu kelebihan dari aplikasi zoom adalah, apabila kita sebagai peserta kegiatan rapat daring / webinar, kita bisa masuk ke dalam kegiatan tersebut tanpa perlu mendaftar / login. Caranya adalah, buka / aktifkan aplikasi zoom, kemudian klik menu “join a meeting”.

Pada tampilan berikutnya masukkan kode identitas meeting atau “Meeting ID” berupa angka sebanyak 11 digit yang kita dapatkan dari penyelenggara rapat daring, dan jangan lupa tentukan nama yang akan kita gunakan sebagai identitas peserta rapat daring / webinar, kemudian klik “join” di bagian bawah menu

Setelah itu, masukkan passcode berupa kombinasi huruf besar, huruf kecil, dan angka, dan klik “join meeting”

Setelah meeting ID dan passcode yang dimasukkan sesuai, maka akan muncul tampilan hasil kamera webcam kita untuk menguji apakah webcam kita berfungsi baik, dan opsi untuk bergabung dengan rapat daring menggunakan webcam. Apabila gambar yang ditampilkan sudah sesuai, klik “Join with video”

Maka selanjutnya kita tinggal menunggu host / penyelenggara rapat daring untuk mengijinkan / memasukkan kita ke dalam kegiatan rapat daring.

Apabila host / penyelenggara rapat daring telah mengijinkan kita masuk, akan muncul tampilan untuk mengaktifkan audio laptop / pc kita. Klik pilihan “Join with computer audio”

Maka sampailah kita ke dalam kegiatan rapat daring seperti gambar di bawah ini. Apabila mouse kita gerakkan ke bagian bawah tampilan rapat daring, terdapat beberapa tombol menu yang diantaranya adalah :

  1. Tombol “Mute” untuk menonaktifkan / mengaktifkan mic
  2. Tombol “Stop Video” untuk menonaktifkan / mengaktifkan webcam / kamera
  3. Tombol “Participants” untuk melihat daftar peserta rapat daring
  4. Tombol “Chat” untuk chat / berkirim pesan ke sesama peserta rapat daring
  5. Tombol “Share Screen” untuk membagikan tampilan layar / presentasi kepada peserta rapat daring (fasilitas harus diaktifkan sebelumnya oleh host / penyelenggara rapat daring)
  6. Tombol “Record” untuk merekam acara rapat daring (fasilitas harus diaktifkan sebelumnya oleh host / penyelenggara rapat daring)
  7. Tombol “Reactions” untuk berkirim gambar emoji ke dalam tampilan rapat daring
  8. Tombol “Leave” untuk keluar dari kegiatan rapat daring

Berikut ini adalah sedikit penjelasan dari menu-menu tersebut :

Tombol “mute” dapat kita pergunakan apabila kita tidak ingin suara kita masuk ke dalam kegiatan rapat daring. Atau apabila host / penyelenggara rapat daring memang meminta peserta untuk melakukan “mute” audio agar kegiatan rapat daring dapat berjalan dengan tertib. Cara melakukan “mute” adalah cukup dengan klik menu “mute” seperti gambar di bawah ini, tampak gambar mikrofone dicoret yang menandakan mikrofon laptop / pc kita sedang tidak aktif. Untuk mengaktifkan kembali mikrofone kita, klik kembali tombol yang sama dengan tulisan “unmute”

Tombol “Stop Video” berguna untuk menonaktifkan kamera / webcam laptop / pc kita. cara penggunaannya cukup dengan klik tombol “Stop Video” seperti gambar di bawah ini, maka tampilan webcam kita akan non aktif. ditandai dengan tampilan layar kita di bagian atas yang hanya berupa nama saja. dan di bagian bawah berupa gambar kamera dicoret. Untuk mengaktifkan kembali kamera kita, cukup klik tombol yang sama tetapi bertuliskan “Start Video”

Tombol “Participants” berguna untuk melihat daftar peserta rapat daring. Ketika kita klik tombol menu tersebut, di sebelah kanan layar akan muncul daftar peserta rapat daring seperti gambar di bawah ini.

Tombol “Chat” bisa kita gunakan untuk mengirim pesan singkat kepada peserta rapat daring. terdapat menu untuk menentukan kepada siapa pesan singkat tersebut dikirim, bisa kepada semua peserta rapat daring melalui pilihan “everyone” atau kepada peserta tertentu (1). Kemudian cukup ketik pesan yang akan dikirim pada kolom kanan bawah, dan klik “enter” (2).

Tombol “Share screen” berguna untuk mempresentasikan tampilan layar kita kepada peserta rapat. Menu ini mirip dengan menu “present” di Google Meet” hanya saja, sebagai peserta rapat, menu ini baru bisa digunakan apabila Host / penyelenggara rapat daring mengaktifkan menu tersebut. Hal ini untuk mencegah peserta rapat daring secara tidak sengaja menekan tombol tersebut dan bisa menyebabkan rapat daring terganggu

Tombol “Record” berguna untuk merekam kegiatan rapat daring sebagai video ke dalam laptop / pc kita. Hal ini sangat berguna sebagai notulensi rapat daring atau untuk dokumentasi kegiatan webinar. Akan tetapi, seperti menu “share screen”, menu ini hanya bisa digunakan apabila sudah diaktifkan oleh Host / penyelenggara rapat daring / webinar.

Tombol “Reactions” berguna untuk mengirimkan emoji ke dalam tampilan rapat daring. Menu ini biasanya digunakan untuk kelas online, atau kegiatan yang bersifat hiburan untuk memberikan dukungan kepada peserta rapat daring. Kalau tombol “Reactions” di klik, akan muncul beberapa emoji yang bisa dipilih untuk ditampilkan di dalam tampilan rapat daring seperti gambar di bawah ini.

Apabila kegiatan rapat daring telah selesai, atau kita ingin keluar dari kegiatan rapat daring, klik tombol “Leave” di pojok kanan bawah tampilan aplikasi Zoom. kemudian zoom akan mengeluarkan menu konfirmasi untuk menanyakan apakah kita benar-benar ingin keluar dari kegiatan rapat daring. Klik “Leave Meeting” untuk benar-benar keluar dari kegiatan rapat daring.

Demikian tutorial awal instalasi dan penggunaan aplikasi Zoom untuk rapat daring kali ini. berikutnya kami akan menuliskan tutorial bagaimana menjadi host / penyelenggara rapat daring dengan menggunakan aplikasi Zoom. Semoga berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Silahkan tuliskan komentar atau pertanyaan pada kolom komentar apabila ada tips atau tutorial lain yang ingin dibahas pada tulisan selanjutnya.

Jangan lupa bagikan informasi tentang website kami kepada teman, rekan, dan saudara anda semua agar lebih banyak orang yang mengenal dan bisa belajar bersama melalui tutorial serta tips dan trik yang terdapat di website ini. Terimakasih!!

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s