Pengaturan password wifi dan pembatasan kecepatan akses wifi pada wireless router “Tenda AC-6”

Setelah pada tulisan sebelumnya, kami jelaskan cara memasang perangkat wireless router tambahan berupa router “Tenda” type “AC-6” untuk koneksi internet kabel di rumah maupun kantor. Pada tulisan ini  kami akan menyampaikan cara untuk mengubah password wifi dan cara pembatasan kecepatan akses wifi pada Tenda AC-6, melalui menu administrator. Menu administrator ini bisa diakses menggunakan Laptop, PC yang dilengkapi wifi-card, atau  menggunakan smartphone maupun tablet.

  • Mengubah password wifi

Kadang kita perlu melakukan perubahan password wifi apabila password yang lama sepertinya sudah diketahui oleh terlalu banyak orang atau apabila terlalu banyak orang luar rumah atau kantor yang ikut memanfaatkan fasilitas wifi internet kita.  Cara mengubah password wifi pada perangkat Tenda AC-6 adalah sebagai berikut.

Pertama, pastikan perangkat kita sudah terhubung dengan jaringan wifi. Kemudian, buka aplikasi penjelajah internet seperti mozilla firefox atau google chrome, lantas ketik 192.168.0.1 pada address bar dan klik enter. Maka akan muncul halaman antarmuka yang meminta password untuk masuk ke menu administrator seperti gambar di bawah ini.

1.png

Masukkan password administrator yang telah kita buat pada quick setup awal pada tulisan sebelumnya, kemudian klik “Login”. Maka kita akan mendapat tampilan halaman awal dari menu administrator yang menampilkan kondisi koneksi internet, sekaligus jumlah pengguna yang sedang terhubung dengan jaringan internet kita.

2.png

Untuk mengubah password wifi, klik menu “wifi settings”

wifi settings.png

di dalam menu wifi settings, klik menu “Wifi name & password”

wifi password1.png

Di dalam menu Wifi name & password ini, kita bisa mengubah nama pemancar wifi, juga mengubah password wifi. Pada perangkat wireless router Tenda AC-6, terdapat dua nama wifi dan password, karena perangkat ini memiliki kemampuan sebagai pemancar sinyal Wifi untuk 2 frekuensi, yaitu frekuensi 2.4Ghz dan 5Ghz. Kita bisa menentukan nama yang berbeda untuk tiap pemancar, juga bisa menetapkan password yang berbeda untuk tiap pemancar seperti gambar di bawah ini.

wifi password2.png

Kita tidak perlu mengubah mode enkripsi atau encryption mode untuk pengamanan sinyal wifi karena mode enkripsi WPA/WPA2-PSK merupakan standar enkripsi yang paling umum dan paling banyak digunakan oleh perangkat-perangkat wifi sekarang ini.

Apabila sudah selesai melakukan perubahan password ataupun perubahan nama pemancar wifi, klik “Save” atau simpan. Otomatis perangkat kita akan terputus dari koneksi jaringan wifi, dan harus melakukan koneksi ulang dengan menggunakan password ataupun nama pemancar yang baru.

  • mengatur batas kecepatan akses wifi

Untuk tingkat yang lebih lanjut, kita bisa melakukan pembatasan kecepatan akses wifi untuk tiap pengguna pengguna melalui fitur bandwidth control atau bandwidth management. Fitur ini sangat berguna untuk membagi kecepatan akses tiap-tiap pengguna wifi agar kecepatan akses bisa terbagi rata. Selain itu, fitur ini bisa berguna untuk membatasi akses internet anak pada hari efektif sekolah, atau membatasi akses internet karyawan di rumah ataupun di kantor agar sesuai dengan kebutuhan mereka. cara mengakses fitur bandwidth control adalah sebagai berikut. Masuk halaman administrator wireless router seperti telah disebutkan di atas, kemudian pada halaman awal menu administrator, klik menu “Advanced settings” atau pengaturan lanjutan.

wifi bandwidth1.png

Di dalam menu Advanced settings, klik menu “Bandwidth control”

wifi bandwidth2.png

kemudian kita akan mendapat tampilan daftar perangkat yang terhubung dengan wireless router, termasuk kecepatan akses mereka saat ini.

wifi bandwidth2b.png

Untuk mengatur kecepatan akses internet, klik panah bawah pada bagian download limit untuk perangkat yang ingin kita batasi kecepatan akses internetnya seperti contoh pada gambar di bawah ini.

wifi bandwidth3

Dari menu tersebut akan muncul beberapa pilihan kecepatan akses internet. Apabila kita ingin membatasi kecepatan akses internet lebih rendah daripada yang terdapat pada pilihan, maka klik opsi “manual”.

wifi bandwidth4.png

Setelah kita pilih opsi manual, maka kita bisa menuliskan batas kecepatan yang kita inginkan untuk perangkat tersebut. Untuk kebutuhan chatting dan menonton video, menurut pengalaman kami, batas kecepatan yang bisa ditetapkan adalah sekitar 0.8Mbps (atau setara 100KBps). Apabila semisal kita ingin membatasi akses internet anak-anak di hari efektif sekolah agar tidak terlalu sering menonton video atau bermain game online, kecepatan akses bisa kita batasi menjadi 0.1 ~ 0.2 Mbps. Pada kecepatan tersebut, akses internet menjadi sangat lambat dan hanya cukup lancar untuk berkirim pesan teks saja.

wifi bandwidth5.png

Apabila kita sudah selesai menetapkan batas kecepatan untuk masing-masing perangkat, maka tinggal klik “save” di bagian bawah.

Demikian tutorial untuk mengubah password wifi dan membatasi kecepatan akses internet wifi pada wireless router Tenda AC-6

2 thoughts on “Pengaturan password wifi dan pembatasan kecepatan akses wifi pada wireless router “Tenda AC-6”

  1. Terimakasih atas informasinya. Artinya dengan cara ini maka kita bisa membatasi kecepatan pada perangkat yang kita inginkan ya gan?. Soalnya saya ingin membatasi kecepatan pada beberapa perangkat yang tersambung.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s