Tips dan Trik PC

Penggunaan Latar Belakang Virtual atau Virtual Background Pada Aplikasi Rapat Daring Zoom untuk Laptop atau Notebook Windows 10.

Aplikasi Zoom sangat banyak digunakan untuk kegiatan rapat daring atau kelas daring. Dengan menggunakan aplikasi Zoom, kita bisa mengikuti kegiatan rapat daring atau kelas daring hampir dimana saja selama ada koneksi internet ke perangkat kita. kadangkala, lokasi tempat kita mengikuti rapat atau kelas daring kurang elok atau kurang pantas dilihat oleh para peserta yang lain. Atau kita ingin mendapatkan privasi, tidak ingin menampilkan lokasi atau kondisi tempat kita berada kepada para peserta rapat daring atau kelas daring. Nah, salah satu fasilitas yang sangat populer digunakan pada aplikasi Zoom adalah fasilitas latar belakang virtual atau virtual background. Penggunaan fasilitas virtual background memungkinkan kita untuk tampil lebih rapi, lebih formal, sekaligus mendapatkan privasi lokasi kita di dalam kegiatan rapat daring atau kelas daring.

Berikut ini adalah syarat minimal agar virtual background bisa digunakan pada aplikasi Zoom, mengutip halaman bantuan pada website zoom :

  • laptop berbasis prosesor intel Core i5 atau i7 generasi 5 seperti Core-i5 5200u atau Core i7 5500u, wajib menggunakan layar hijau atau green screen pada latar belakang agar bisa menggunakan virtual background.
  • laptop berbasis prosesor intel core i5 atau i7 generasi 6 atau lebih tinggi, dengan VGA intel HD 620 bisa mengaktifkan virtual background tanpa harus menggunakan layar hijau atau green screen pada latar belakang.
  • windows 10 64 bit
  • untuk syarat lebih detail bisa dibaca pada tautan di atas

pada contoh kali ini, kami menggunakan laptop Lenovo Thinkpad x250 yang menggunakan processor Core i5 5300u. Oleh karena itu, kami harus menggunakan layar hijau atau green screen pada latar belakang kami seperti gambar di bawah ini.

Pada contoh kali ini, lokasi yang kami gunakan adalah ruang studio layar hijau atau Green Screen room yang sering kami gunakan untuk kegiatan rapat daring, webinar, ataupun kelas daring. Untuk anda di rumah, bisa menggunakan kain hijau apapun asal luas bidang yang tertangkap oleh webcam laptop tertutup oleh layar hijau tersebut. Apabila kita mengaktifkan aplikasi Zoom seperti pada tutorial ini atau ini, maka kita akan masuk ke layar utama seperti gambar di bawah ini. Nampak bahwa latar belakang kami berwarna hijau sesuai kain Green Screen yang terpasang di belakang kami.

Penting untuk diingat! Apabila kita menggunakan kain layar hijau atau Green Screen, maka pakaian atau aksesoris yang menempel di wajah (seperti masker) kita tidak boleh berwarna hijau, karena nanti aplikasi zoom akan menganggap pakaian atau aksesoris tersebut merupakan bagian dari latar belakang Green Screen, dan pakaian dan aksesoris kita akan nampak berlubang, berisi gambar virtual background yang kita tentukan.

berikutnya, kita klik tanda panah pada menu kamera (1), kemudian klik menu “Choose Virtual Background…” (2)

Maka akan muncul setelan atau setting untuk virtual background atau latar belakang virtual seperti di bawah ini. Karena laptop kami mengharuskan adanya layar hijau atau Green Screen, maka kami pastikan bahwa pilihan “I have a green screen” diaktifkan (1). Di bagian atas terdapat gambar2 latar belakang virtual yang bisa dipilih (2), sedangkan apabila kita ingin menambahkan gambar untuk latar belakang virtual, kita bisa klik tombol “+” di sebelah kanan atas pilihan gambar (3)

Sebagai contoh, kita klik salah satu gambar pada pilihan latar belakang virtual atau virtual background seperti gambar di bawah ini. Maka otomatis area layar hijau atau Green screen akan terisi oleh gambar virtual background

Apabila kita ingin menggunakan gambar yang berbeda, atau gambar latar belakang yang telah dibuat khusus untuk acara rapat daring atau kelas daring, maka kita klik tanda “+” di sebelah kanan atas menu gambar, kemudian klik menu “Add image”

Kemudian, cari dan pilih file yang hendak kita gunakan sebagai virtual background, dan klik “Open”

Maka virtual background kita akan berubah sesuai gambar yang telah kita pilih tersebut.

Demikian tutorial kali ini, semoga bermanfaat, jangan lupa Follow dan sebarkan informasi tentang website kami kepada saudara, kerabat, atau rekan kerja anda agar lebih banyak orang yang tau dan bisa saling belajar informasi yang terdapat pada tutorial-tutorial ini. Terimakasih!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s