Tips dan Trik Gadget

Pembuatan Akun Gmail Khusus Anak Untuk Perangkat Android Yang Digunakan oleh Anak. (Google Family Link Bagian 1)

Kondisi pandemi covid 19 saat ini menyebabkan pelaksanaan kegiatan sehari-hari menjadi berbasis online. Hal ini terutama sangat terasa pada kegiatan pendidikan, para siswa harus menggunakan perangkat gadget untuk kegiatan belajar demi keamanan dan keselamatan bersama dari penyebaran covid 19.

Di satu sisi, penggunaan gadget oleh siswa berarti kegiatan belajar tetap dapat berlangsung. Akan tetapi, di sisi lain banyak kekhawatiran dari para orangtua, bahwa anak-anak akan menggunakan gadget tanpa batas dan sulit untuk diawasi. Google selaku penyedia layanan untuk gadget berbasis android telah menyediakan fasilitas pengawasan gadget anak melalui fasilitas aplikasi Google Family link. Aplikasi google family link memberikan banyak fasilitas pengendalian dan pengawasan gadget anak. Hal ini terutama untuk anak-anak yang mendapatkan gadget tersendiri, dan tidak meminjam gadget orangtuanya.

Untuk dapat menggunakan aplikasi pengendali Google Family Link, terdapat beberapa syarat diantaranya :

  1. Perangkat smartphone / tablet berbasis Android yang khusus digunakan oleh anak, dengan versi android minimal versi 7.0
  2. Akun Gmail pribadi khusus milik anak yang terkoneksi ke akun Gmail orangtua. Cara pembuatan akun Gmail khusus anak akan dibahas pada tutorial kali ini
  3. instalasi aplikasi “Google Family Link untuk Orangtua” pada perangkat smartphone / tablet berbasis Android milik orangtua.

Pada tutorial kali ini, kami akan menyampaikan cara membuat akun Gmail pribadi untuk perangkat android milik anak kita. Agar lebih mudah, kita membuat akun Gmail menggunakan PC / laptop. Pertama, buka aplikasi peramban internet atau Internet Browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Opera. Ketik “gmail.com” pada kolom pencarian dan klik “enter”. Ketika halaman awal Gmail.com sudah terbuka, klik tombol “Buat Akun” di sebelah kanan atas layar.

Maka kemudian akan muncul formulir awal untuk pembuatan akun baru. silahkan isi (1) nama depan dan nama belakang anak kita, (2) nama akun gmail yang kita inginkan, apabila nama akun tersebut sudah dimiliki orang lain, maka google akan memberikan alternatif nama akun lainnya atau kita bisa coba mengganti sendiri nama akun yang kita inginkan sampai kita mendapatkan nama akun yang bisa digunakan. (3) isi password akun gmail sebanyak 2 kali. kemudian klik (4) “berikutnya”

Berikutnya kita akan diminta mengisi data lanjutan. isi (1) alamat email kita sebagai orangtua, (2) tanggal lahir anak, untuk tanggal lahir anak, sebaiknya kita isi tahun lahir dengan usia anak di bawah 13 tahun. Semisal, karena tulisan ini dibuat tahun 2020, maka sebaiknya maksimal tahun kelahiran anak adalah 2008.

Mengapa harus di bawah 13 tahun tanpa memperdulikan usia anak yang sesungguhnya? Karena syarat agar akun Gmail anak terkoneksi dengan akun Gmail orangtua adalah usia anak harus di bawah 13 tahun. Selain itu, Google Family Link dengan pengendalian total oleh orangtua hanya berfungsi untuk akun Gmail dengan usia anak di bawah 13 tahun. Apabila Google mendeteksi usia anak sudah di atas 13 tahun, maka kita sebagai orangtua tidak memiliki wewenang mengendalikan perangkat anak menurut Google. Kemudian kita isi (3) jenis kelamin anak. apabila selesai, maka klik (4) tombol “berikutnya”

Karena kita telah mengisi tanggal lahir anak, apabila Google mendeteksi bahwa usia anak kurang dari 13 tahun, maka Google akan meminta konfirmasi kita sebagai orangtua / wali untuk pembuatan email anak tersebut. Masukkan alamat email kita sebagai orangtua seperti pada halaman sebelumnya, kemudian klik tombol “berikutnya”

Maka kemudian google akan menampilkan syarat persetujuan untuk kita sebagai orangtua dalam membuat akun gmail untuk anak. Geser tampilan persetujuan ini ke bawah, kemudian klik syarat persetujuan (1) dan (2), kemudian klik tombol “berikutnya”.

Untuk mengkonfirmasi bahwa akun Gmail kita sebagai orangtua adalah benar milik kita, maka Google akan meminta kita memasukkan password akun Gmail kita. Masukkan password akun Gmail pada kolom yang tersedia (1), kemudian klik tombol “Berikutnya” (2)

Selanjutnya Google akan menampilkan halaman informasi tentang apa saja hal yang bisa kita kendalikan sebagai orangtua pada perangkat anak. geser tampilan halaman tersebut ke bawah dan klik tombol

Pada halaman berikutnya, Google memberikan konfirmasi untuk memulai layanan grup keluarga, klik tombol “Saya Setuju”

Setelah itu, Google akan meminta verifikasi informasi akun anak yang telah kita tuliskan sebelumnya. apabila data yang tertulis telah sesuai, kita cukup klik tombol “Berikutnya”

Setelah semua selesai, Google akan menampilkan halaman akhir, dan kita cukup menekan tombol “Lanjutkan”

Maka secara otomatis Google akan membuka halaman Gmail akun akan kita. yang menandakan bahwa akun Gmail pribadi anak kita telah selesai dibuat.

Demikian tutorial kali ini, semoga berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Pada tutorial berikutnya akan kami sampaikan cara setup atau pengaturan perangkat Android anak agar bisa dikendalikan oleh Google Family Link pada perangkat Android milik orangtua.

Jangan lupa Follow dan sebarkan informasi tentang website kami kepada rekan, kerabat, dan keluarga anda semua apabila ada tutorial yang anda rasa berguna dan bisa bermanfaat untuk mereka. Terimakasih!!

2 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s