Waspada Akses Pembajak Akun Facebook Berkedok Kuis Permainan Interaktif

Akhir-akhir ini banyak informasi yang kita dapatkan bahwa ada pihak-pihak yang bisa mengakses akun Facebook tanpa diketahui oleh sang pemilik akun. Para pihak yang tidak bertanggung jawab tersebut bisa menggunakan akses akun Facebook untuk berbagai macam kegiatan kejahatan seperti pembajakan akun, pencurian akun, hingga penyebaran berita palsu atau hoax. Seperti diberitakan oleh Phys.org dan Bloomberg.com, diperkirakan terdapat satu juta data pengguna Facebook Indonesia yang telah ditembus oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

facebook-video-theft-freebooting.jpg

image courtesy of Variety.com

Bagaimana cara akun Facebook kita bisa diakses oleh pihak yang tidak bertanggungjawab tersebut? Mereka biasanya menembus akun Facebook dengan cara membuat kuis interaktif yang mengharuskan kita memberikan akses kepada sebuah aplikasi eksternal atau pihak ketiga kedalam akun Facebook kita. Salah satu contoh kuis interaktif yang sering kita ikuti adalah kuis permainan interaktif. Kuis permainan interaktif tersebut biasanya memiliki hasil akhir yang akan ditampilkan di halaman Facebook kita seperti gambar di bawah ini.

3rd party app quiz.png

Biasanya, setelah kita memainkan kuis, kita diberi pilihan untuk menampilkan hasil kuis di halaman Facebook kita. Kemudian akan muncul halaman konfirmasi yang mengijinkan aplikasi kuis tersebut untuk menampilkan hasil kuis di halaman Facebook kita. Tanpa kita sadari, kita telah memberikan akses kepada pihak yang sama sekali tidak kita kenal ke dalam akun Facebook kita. Kita seringkali tidak membaca akses apa saja yang kita berikan kepada mereka. Akses yang paling umum kita berikan adalah akses untuk memposting secara otomatis di halaman Facebook kita. Padahal di balik itu, seringkali mereka juga bisa mengakses daftar kontak Facebook kita bahkan hingga akses penuh terhadap seluruh aktifitas akun kita.

kuis-kuis permainan interaktif tersebut seringkali hanya satu kali kita mainkan. Akan tetapi, akses yang kita berikan kepada aplikasi kuis tersebut berlaku selama kita tidak menghapusnya dari daftar akses akun Facebook kita.

Oleh karena itu, sebaiknya kita memeriksa daftar aplikasi eksternal atau aplikasi pihak ketiga yang mendapat akses kedalam akun Facebook kita. Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Buka aplikasi Facebook, kemudian klik menu akun

facebook android1 a.png

2. Di dalam menu akun, klik menu “Setelan dan Privasi” atau “Settings and Privacy”

facebook android2.png

3. Kemudian, klik menu “Setelan Akun” atau “Account Settings”

facebook android3 a.png

4. Di dalam menu Account Settings, klik menu “Apps” atau “Aplikasi”

facebook android5 a

5. Di dalam Menu “Apps”, klik menu “Edit” pada poin “Logged in with Facebook”

facebook android6 a.png

6. Di dalam menu “Logged in with Facebook”, akan muncul daftar aplikasi eksternal atau aplikasi pihak ketiga yang menggunakan akses akun Facebook kita. Apabila kita ingin menghapus akses aplikasi tersebut dari akun Facebook kita, kita tinggal melakukan klik pada lingkaran yang ada di sebelah kiri nama aplikasi tersebut, kemudian pilih “remove” atau “hapus” pada sebelah kanan atas

facebook android7 a

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s