media sosial

Pengamanan akun Google (Gmail) Dengan Mengaktifkan Fitur Verifikasi 2 Langkah (2 Step Verification)

Pada masa sekarang, pengguna ponsel pintar berbasis Android maupun pengguna internet pada umumnya mayoritas memiliki akun Google (Gmail). Banyak terdapat kemudahan dan fasilitas yang diberikan oleh akun Google (Gmail) sehingga penggunanya menjadi sangat banyak. Diantara fasilitas dan kemudahan tersebut diantaranya :

  • Akun Google tersedia secara gratis
  • Akun Google bisa digunakan untuk fasilitas penyimpanan data online (online storage) melalui media Google Drive
  • Akun Google memberikan layanan email gratis
  • Akun Google bisa digunakan untuk mendaftar layanan channel Youtube
  • Akun Google bisa digunakan untuk mendaftar ke banyak website seperti website blog, website belanja online, website layanan media sosial, dan berbagai macam website lainnya tanpa harus membuat akun baru yang terpisah. Cukup dengan menggunakan nama dan password akun Google.
  • dan masih banyak yang lainnya.

Dengan sedemikian banyak kemudahan tersebut, wajar apabila jumlah pengguna akun Google (Gmail) sangatlah banyak. Akan tetapi, karena bisa digunakan untuk banyak website, tentu terdapat bahaya pembajakan akun oleh orang-orang jahat. Dengan membuat website palsu, seperti website belanja online palsu, website kuis palsu, atau bahkan website perbankan palsu, mereka bisa mendapatkan nama akun (alamat email) dan password kita dengan mudah apabila kita tidak bisa mengenali bahwa website tersebut adalah website palsu.

Apabila para penjahat sudah mendapatkan akses ke akun Google (Gmail) kita, maka mereka bisa dengan bebas mengakses hampir semua informasi pribadi kita. Mereka bisa masuk ke dalam akun media sosial kita, mengontak rekan-rekan dan anggota keluarga kita melalui akun media sosial kita, untuk modus penipuan, dan sebagainya.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, Google telah menyediakan fasilitas pengamanan akun berupa verifikasi 2 langkah. Dengan menggunakan fasilitas tersebut, maka apabila penjahat hendak melakukan login akun Google (Gmail) dengan menggunakan nama dan password kita, Google akan meminta kode pengamanan tambahan yang hanya dikirim ke perangkat kita. Berikut ini adalah cara untuk mengaktifkan Verifikasi 2 tingkat.

Dengan menggunakan PC, buka website Gmail di www.gmail.com. kemudian masukkan nama akun Gmail kita, dan klik “Berikutnya”

Masukkan Password akun Gmail kemudian klik “Berikutnya”

Di dalam halaman utama Gmail, klik tombol akun di sebelah kanan atas tampilan layar.

Kemudian, klik tombol “Kelola Akun Google Anda”

Di dalam halaman Google Akun, klik menu “Keamanan” di sebelah kiri layar.

Pada halaman “Keamanan”, geser tampilan ke bawah untuk untuk menampilkan pilihan login ke dalam akun Google (Gmail). Klik menu “Verifikasi 2 Langkah”

Maka kita akan memulai langkah pengaktifan pengaman verifikasi 2 langkah seperti tampilan di bawah ini. Geser tampilan ke bawah, kemudian klik “Mulai”

Google akan meminta kita memasukkan Password akun Google (Gmail) kita untuk konfirmasi. Masukkan password kemudian klik “Berikutnya”

Pada tampilan selanjutnya, akan muncul pilihan yang bisa digunakan untuk melakukan pengamanan verifikasi 2 langkah. Seperti tampak pada tampilan di bawah ini, ada banyak perangkat yang terhubung pada akun Google (Gmail) kami.

Agar lebih aman kami ingin menggunakan satu perangkat saja untuk verifikasi 2 langkah. Maka Geser tampilan ke bawah, dan klik menu “Tampilkan opsi lainnya”

Berikutnya, klik pilihan “SMS atau panggilan suara” kemudian klik “Lanjutkan”

Pada halaman berikutnya, masukkan nomer telepon yang akan digunakan untuk pengamanan verifikasi 2 langkah. Kemudian klik pilihan “SMS” untuk mendapatkan kode verifikasi. Kemudian klik “Selanjutnya”

Maka Google akan mengirimkan SMS berisi kode 6 digit angka untuk mengkonfirmasi bahwa nomor telepon yang kita masukkan sudah benar. Masukkan kode 6 digit angka pada tampilan yang tersedia, kemudian klik “Selanjutnya”

Apabila kode yang kita masukkan telah sesuai dengan SMS yang dikirimkan oleh Google, maka Google akan mengkonfirmasi bahwa anda telah berhasil mendaftarkan nomer telepon anda. Untuk mengaktifkan verifikasi 2 langkah, kita hanya perlu klik tombol “aktifkan” di sebelah kanan bawah tampilan layar.

Maka pengaman verifikasi 2 langkah telah berhasil diaktifkan. Apabila kita atau orang lain hendak masuk ke akun Google kita melalui perangkat baru seperti PC atau ponsel pintar selain yang kita gunakan biasanya, Google akan mengirimkan sms ke nomor telepon kita berisi kode verifikasi 2 langkah tersebut. Sehingga akun kita akan menjadi lebih aman dari pembajakan akun.

Demikian tutorial pada kali ini, semoga mudah dipahami dan berguna bagi kita semua. Jangan lupa follow dan like akun Twitter kami di @smartdigiparent dan juga Facebook kami Smart Digital Parents agar lebih banyak teman, saudara, dan orang lain yang tahu, sehingga informasi dan tutorial kami bisa berguna untuk lebih banyak orang. Terima Kasih!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s