media sosial

Mencegah Pembajakan Akun Whatsapp Dengan Mengaktifkan Verifikasi Dua Tingkat (Two Step Verification)

Akhir-akhir ini sering terjadi tindak kejahatan berupa pembajakan akun Whatsapp dengan modus pelaku kejahatan membajak akun whatsapp kita, kemudian mereka menggunakan akun whatsapp tersebut untuk menghubungi rekan-rekan kita di dalam kontak whatsapp dan meminta transfer uang seperti gambar di bawah ini.

Sebelum para pelaku kejahatan melakukan aksi penipuan dengan modus meminjam uang / dana, mereka melakukan aksi membajak atau menguasai akun whatsapp kita terlebih dahulu. Cara para pelaku kejahatan tersebut membajak akun whatsapp kita adalah melalui pengiriman pesan oleh pelaku kejahatan yang mengatakan ada kekeliruan pembelian voucher seperti gambar di bawah ini.

Di dalam pesan, mereka meminta kita mengirimkan kode 6 angka yang masuk melalui SMS dengan bahasa asing. Biasanya, tidak lama kemudian kita akan menerima SMS seperti di bawah ini.

Bagi kita yang kurang paham, kita percaya saja pada pesan yang dikirim oleh penipu melalui whatsapp, kemudian mengirimkan 6 digit kode angka yang masuk ke dalam SMS kita. Padahal, 6 digit kode angka tersebut adalah kode untuk verifikasi pendaftaran akun whatsapp kita ke perangkat smartphone pelaku kejahatan. Apabila 6 digit kode angka tersebut dimasukkan ke aplikasi whatsapp pelaku kejahatan, otomatis akun whatsapp kita dikuasai oleh mereka. Dan selanjutnya pelaku kejahatan bisa dengan bebas menghubungi daftar kontak kita, terutama di dalam grup whatsapp yang kita ikuti.

Untuk mencegah kejadian tersebut di atas, sebenarnya Whatsapp telah menyediakan fasilitas pengamanan atau verifikasi dua tingkat. Fasilitas verifikasi dua tingkat ini berupa PIN tambahan selain 6 digit kode angka dari SMS seperti gambar di atas. Sehingga apabila penjahat berusaha membajak atau menguasai akun whatsapp kita dengan car SMS 6 digit kode angka seperti, mereka tetap terkunci dan tidak bisa masuk ke dalam akun whatsapp kita karena harus memasukkan PIN verifikasi 2 tingkat.

Cara mengaktifkan fitur pengamanan verifikasi 2 tingkat pada aplikasi whatsapp adalah sebagai berikut :

buka aplikasi whatsapp, klik tombol menu berupa 3 titik di kanan atas. Kemudian klik “Settings” atau “Setelan”

Kemudian, klik menu “Account” atau “Akun”. Di dalam menu Account, klik menu “Two Step Verification” atau “Verifikasi 2 Tingkat”

Maka selanjutnya, kita akan memulai mengaktifkan fitur pengamanan verifikasi 2 tingkat dengan klik tombol “Enable” atau “Aktifkan” pada bagian bawah tampilan layar.

Selanjutnya Whatsapp akan meminta kita membuat PIN yang terdiri dari 6 digit angka. Usahakan angka yang kita masukkan mudah diingat oleh kita, tetapi sebaiknya juga jangan memilih angka yang mudah ditebak oleh orang lain, seperti jangan memilih angka 123456, 111111, 000000, dsb. proses pembuatan pin berlangsung sebanyak 2 kali untuk konfirmasi bahwa PIN yang kita masukkan sudah benar.

Kemudian, aplikasi Whatsapp akan memberi kita pilihan untuk memasukkan alamat email sebagai fasilitas cadangan apabila kita lupa dengan PIN kita. Menu ini boleh kita isi, akan tetapi apabila kita merasa tidak perlu memasukkan alamat email, kita bisa klik menu “Skip” atau “Lewati” pada tampilan layar. Menu memasukan alamat email ini juga berlangsung sebanyak dua kali untuk mengkonfirmasi bahwa email yang kita daftarkan sudah benar.

Apabila semua langkah sudah dilakukan, maka Whatsapp akan menampilkan halaman akhir pengaktifan fitur pengamanan verifikasi 2 tingkat. Kita cukup klik tombol “Done” atau “Selesai” dan kita akan kembali ke halaman awal verifikasi 2 tingkat seperti gambar di bawah ini.

Dengan aktifnya pengamanan verifikasi 2 tingkat, sesekali whatsapp juga akan meminta kita memasukkan PIN ketika kita membuka aplikasi whatsapp. Hal ini dimaksudkan agar ketika perangkat kita dicuri atau hilang, maka tidak sembarang orang bisa mengakses aplikasi whatsapp kita.

Demikian tutorial pada kali ini, semoga mudah dipahami dan berguna bagi kita semua. Jangan lupa follow dan like akun Twitter kami di @smartdigiparent dan juga Facebook kami Smart Digital Parents agar lebih banyak teman, saudara, dan orang lain yang tahu sehingga informasi dan tutorial kami bisa berguna untuk lebih banyak orang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s