Tips dan Trik PC

Waspada Penggunaan Aplikasi Tambahan pada Google Chrome dan Microsoft Edge yang berbahaya.

Saat ini mayoritas pengguna komputer atau PC rata-rata menggunakan peramban internet seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox untuk membuka konten internet. Aplikasi peramban Microsoft Edge yang baru diluncurkan oleh Microsoft juga mulai banyak digunakan karena kemudahan dalam penggunaan dan kecepatannya dalam membuka konten internet juga cukup gegas.

Peramban-peramban internet tersebut memiliki fasilitas untuk memasang aplikasi tambahan atau extension untuk meningkatkan kemampuan peramban, atau juga memudahkan penggunaan peramban. Seperti extension untuk memblokir iklan yang ditampilkan pada website, extension untuk mengunduh atau mendownload video, dsb.

Nah, baru-baru ini, perusahaan antivirus Avast melaporkan bahwa terdapat 28 aplikasi tambahan atau extension pada Google Chrome dan Microsoft Edge yang berbahaya apabila diinstal atau dipasang pada aplikasi peramban internet tersebut. Seperti dilaporkan pada halaman berita ZDnet, pihak Avast menemukan bahwa bahwa 28 aplikasi tambahan atau extension tersebut memiliki kode pemrograman yang bisa melakukan kegiatan berbahaya seperti :

  • mengalihkan penelusuran pengguna ke website iklan
  • mengalihkan penelusuran pengguna ke website penipuan
  • menyimpan dan membajak data pribadi pengguna seperti tanggal lahir, alamat email, dan perangkat yang aktif
  • menyimpan rekam jejak penelusuran internet pengguna
  • mengunduh aplikasi virus ke perangkat pengguna

Tujuan utama dari pembuat aplikasi-aplikasi tersebut adalah untuk mendapatkan keuntungan dari website-website iklan yang ditampilkan. Menurut Avast, aplikasi-aplikasi tambahan atau extension ini sudah di install lebih dari 3 juta pengguna. Avast sudah melaporkan temuan aplikasi berbahaya ini kepada Google dan Microsoft. akan tetapi sampai sekarang, baru 3 aplikasi dari 15 aplikasi tambahan yang telah dihapus dari Chrome web store. Sedangkan 13 aplikasi tambahan atau extension masih bisa diunduh dari Microsoft Edge add-on.

Oleh karena itu, Avast menyarankan pengguna untuk menghapus aplikasi-aplikasi tambahan atau extensions tersebut dari Google Chrome atau Microsoft Edge. Berikut ini adalah daftar aplikasi tambahan atau Extension yang berbahaya pada Google Chrome diantaranya :

Untuk Microsoft Edge, berikut ini daftar aplikasi tambahan atau add-on yang berbahaya yaitu :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s