keamanan anak

Pemanfaatan Aplikasi Google Family Link untuk Mengendalikan Perangkat Android Anak (Google Family Link Bagian 3)

Kondisi pandemi Covid-19 yang terus berlangsung saat ini, menyebabkan kegiatan sekolah terpaksa diselenggarakan di rumah dengan memanfaatkan perangkat teknologi demi kesehatan dan keselamatan bersama. Akan tetapi terdapat kekhawatiran dari para orangtua siswa, bahwa penggunaan perangkat teknologi seperti smartphone atau tablet oleh anak-anak bisa menjadi tanpa batas dan sulit diawasi.

Sebetulnya, Google selaku penyedia layanan untuk perangkat berbasis android telah menyediakan fasilitas pengawasan perangkat Android anak melalui aplikasi Google Family Link. Aplikasi Google Family Link memberikan banyak fasilitas pengendalian dan pengawasan perangkat anak. Hal ini terutama untuk anak-anak yang mendapatkan perangkat tersendiri, dan tidak meminjam gadget orangtuanya. Syarat awal penggunaan aplikasi Google Family Link adalah :

  1. Perangkat smartphone atau tablet berbasis android dengan versi minimal Android 7.0 atau Android Nougat.
  2. Perangkat smartphone atau tablet android dengan akun Gmail khusus anak yang terkoneksi dengan akun Gmail pada perangkat smartphone atau tablet milik orangtua. Cara pembuatan akun Gmail khusus anak ini telah disampaikan pada tutorial ini. Sedangkan cara pengaturan atau pemasangan akun Gmail khusus anak pada perangkat smartphone atau tablet milik anak juga telah disampaikan pada tutorial ini.
  3. Instalasi aplikasi “Google Family Link untuk Orangtua” melalui Google Playstore pada perangkat smartphone atau tablet milik orangtua.

Untuk kemudahan penggunaan aplikasi Google Family Link, silahkan lakukan langkah pembuatan akun Gmail anak yang terkoneksi dengan akun Gmail perangkat orangtua seperti pada tutorial ini. Dilanjutkan dengan pemasangan akun Gmail anak pada perangkat Android anak seperti disampaikan pada tutorial ini. Apabila semua langkah tersebut telah dilakukan, maka langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah instalasi aplikasi “Google Family Link untuk Orangtua” pada perangkat kita melalui Google Playstore.

Apabila aplikasi Google Family Link telah selesai di install, buka aplikasi tersebut. Karena kita telah melakukan langkah pembuatan akun Gmail anak dan pengaturan akun Gmail anak pada perangkat Android anak, maka secara otomatis Google Family LInk akan menampilkan menu pengendalian perangkat anak yang telah terkoneksi dengan Google Family Link. Untuk melihat lebih perangkat anak, klik tombol “View” di sebelah kanan bawah tampilan perangkat anak.

Di dalam tampilan perangkat anak, kita bisa mengatur lebih lanjut perangkat anak dengan menekan tombol “Manage” atau “Atur” pada menu “Settings” atau “Setelan”

Di dalam tampilan pengaturan, terdapat beberapa hal yang bisa kita atur diantaranya : (1) kendali rating Google Play, (2) filter Google Chrome, (3) Filter Google Search, (4) pengaturan Google Assistant, (5) pengendalian aplikasi yang terdapat pada perangkat android anak, (6) fitur pelacak lokasi perangkat anak, (7) informasi akun anak, dan terakhir (8) lain-lain

Untuk kendali rating usia (Menu 1) pada Google Play, terdapat beberapa kategori yang bisa kita atur diantaranya : (A) persetujuan orangtua untuk setiap konten atau aplikasi yang hendak di install atau di download anak dari google Playstore. secara setelan bawaaan, pilihan ini sudah aktif sehingga setiap kali anak akan menginstall aplikasi baru atau men download film atau buku dari Google Playstore, maka Google Family Link akan memberitahu kepada perangkat orangtua dan orangtua perlu menyetujui terlebih dahulu sebelum anak bisa melakukan download atau instalasi aplikasi dari Google Playstore. (B) pengaturan rating aplikasi dan pemainan yang bisa diakses atau di install oleh perangkat anak, (C) rating Film yang bisa didownload anak dari Google Playstore, (D) pembatasan konten buku yang bisa di download dari Google Playstore, dan terakhir (E) pembatasan konten musik yang bisa didownload anak dari Google Playstore.

Untuk rating usia aplikasi yang bisa diinstall oleh anak, kita bisa menyesuaikan agar aplikasi yang bisa didownload hanya sesuai dengan usia mereka, misal untuk anak SD kita bisa atur agar aplikasi dengan rating maksimal 7+ saja yang bisa mereka install, begitu juga dengan rating film, kita bisa atur agar anak hanya bisa mengakses film dengann rating A untuk Anak, atau SU atau Semua Umur, untuk Buku dan musik, kita cukup memastikan bahwa pilihan pembatasan konten telah aktif.

Untuk pengaturan pengamanan Google Chrome (Menu 2) kita bisa aktifkan pilihan “Try to block mature sites”, selain itu kita juga bisa mengatur lebih jauh dengan memasukkan ama-nama website yang kita anggap berbahaya dengan klik menu “Manage Sites”, untuk Google Assistant (Menu 3) dan Google Search (Menu 4) cukup pastikan pilihan “Third party actions” dan “Safe Search” telah aktif

Pada menu pengaturan “Android Apps” (Menu 5), terdapat menu pembatasan atau “Limit” yang bisa kita gunakan untuk mengatur lama waktu anak bisa mengakses sebuah aplikasi dalam satu hari. misal pada contoh di bawah ini, kita ingin membatasi akses anak kepada aplikasi “Facebook”. maka kita klik lambang jam pasir pada sebelah kanan nama aplikasi “Facebook” dan kita klik menu “Set limit”. Kita juga bisa memblokir akses anak pada aplikasi tersebut dengan memilih pilihan “Block”. Pada saat kita klik tombol “Set Limit” maka akan muncul durasi waktu yang bisa kita tentukan, berapa jam dan berapa menit lama anak bisa mengakses aplikasi tersebut dalam satu hari, kemudian klik tombol “Set” pada sebelah kanan bawah menu. maka secara otomatis, apabila anak menggunakan aplikasi Facebook melebihi batas waktu yang kita tentukan, anak tidak dapat mengakses aplikasi tersebut hingga esok hari.

Berikutnya adalah fitur pelacak perangkat anak atau “Locations” (Menu 6). Apabila fitur ini diaktifkan, dengan syarat baterei perangkat anak tidak habis dan paket data perangkat anak juga aktif, maka kita bisa sewaktu-waktu melacak posisi perangkat anak. Cara mengaktifkannya adalah dengan mengaktifkan tombol “See your Child’s location”. Kemudian Google akan meminta konfirmasi kita untuk mengaktifkan fitur pelacak lokasi perangkat anak. Kita cukup klik tombol “Turn On” pada bagian kanan bawah tampilan layar.

Berikut ini adalah contoh tampilan pelacak posisi perangkat anak pada Google Family Link. Tampilan ini

Apabila pada tampilan perangkat anak, kemudian tampilan kita geser ke bawah, kita akan menemukan pengaturan pembatasan penggunaan perangkat anak dalam satu hari, yaitu menu “Screen time” untuk mengaturnya, klik tombol “Set Up”. Di dalamnya terdapat batas penggunaan perangkat anak dalam sehari atau “Daily Limit”. Untuk mengaktifkan batas penggunaan perangkat anak dalam sehari, klik tombol di bagian kanan ” Not Scheduled” (1). Apabila kita inginn mengubah durasi waktu batas penggunaan perangkat, kita bisa klik menu jam (2). untuk mengaktifkan atau menonaktifkan batas penggunaan perangkat pada hari tertentu, kita bisa klik tombol lingkaran pada sebelah kanan layar (3)

Apabila kita klik menu pembatasan jam, maka akan muncul pengaturan durasi batas waktu penggunaan perangkat anak untuk hari tersebut. sesuai jadwal harian yang terdapat pada tampilan “Daily limit”. Kita bisa menambah atau mengurangi durasi penggunaan perangkat anak dalam satu hari. untuk lebih memudahkan, kita bisa klik tombol “Also apply to..” dann kita bisa pilih apakah batas waktu yang sama juga diterapkan untuk semua hari dalam satu minggu atau “All days” atau untuk hari sekolah atau Senin sampai Jum’at “School (Mon-Fri)”.

Selain batas waktu penggunaan perangkat anak dalam sehari, kita juga bisa menentukan “jam Tidur” atau mengunci perangkat anak di waktu tidur. Hal ini berguna untuk mencegah anak menggunakan/bermain smartphone atau tablet di malam hari ketika waktunya mereka istirahat tidur. Caranya adalah dengan klik tombol “Bed time” di bagian atas tampilan layar. Kemudian kita bisa mengaktifkan fitur “Jam Tidur” ini dengan mengaktifkan tombol di sebelah kanan “Not Scheduled”. Untuk mengubah durasi penguncian perangkat di malam hari, kita bisa klik menu jam (1) dan kita juga bisa menonaktifkan penguncian perangkat di hari tertentu dengan menekan tombol lingkaran di sebelah kanan untuk jadwal hari yang kita inginkan (2).

Apabila kita klik menu pengaturann “Jam tidur” (1 di gambar atas) maka kita bisa tentukan mulai jam berapa perangkat terkunci, dan jam berapa perangkat bisa mulai diakses lagi oleh anak.

Apabila kita telah selesai menentukan “Jam Tidur”, kita juga bisa menetapkan agar jadwal yang sama berlaku di hari yang lain dengan menekan tombol “Alsoo apply to” dan kita tinggal memilih apakah akan menetapkan jadwal jam tidur untuk setiap malam (Every night) atau hanya waktu hari sekolah yaitu minggu hingga kamis (School (Sun-Thu)). Jangan lupa setelah menentukan semua batas waktu dan jadwal jam tidur, klik tombol “Save” di sebelah kanan atas tampilan layar.

Demikian tutorial pengunaan Google Family Link untuk orangtua pada perangkat Android yang digunakan oleh Orangtua. Semoga tutorial ini bisa membantu anda para orangtua dalam mengawasi dan mengendalikan penggunaan gadget oleh anak-anak kita. Silahkan beri komentar atau saran apabila ada hal yang ingin ditanyakan atau ada tutorial lain yang ingin ditampilkan pada website ini.

Jangan lupa Follow dan sebarkan informasi tentang website kami kepada saudara, kerabat, atau rekan kerja anda agar lebih banyak orang yang tau dan bisa saling belajar informasi yang terdapat pada tutorial-tutorial ini. Terimakasih!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s