keamanan anak

Pengaturan Google Family Link untuk Perangkat Android Anak. (Google Family Link Bagian 2)

Pada tulisan sebelumnya, kami menyampaikan cara membuat akun Gmail khusus untuk anak, dalam rangka persiapan penggunaan Google Family Link. Pada tutorial kali ini, kami akan melanjutkan pada langkah selanjutnya, yaitu pengaturan perangkat Android yang digunakan oleh anak agar bisa dikendalikan oleh aplikasi Google Family Link.

Agar lebih memudahkan kita dalam melakukan pengaturan perangkat smartphone atau tablet berbasis Android yang akan digunakan oleh anak kita, sebaiknya perangkat Android tersebut di Reset atau di setel pengaturan awal. Harap Diingat! bahwa Reset atau setel pengaturan awal akan menghapus data yang sebelumnya sudah ada di dalam perangkat android. Hal ini terutama berlaku untuk perangkat yang telah digunakan sebelumnya. Oleh karena itu, sebaiknya sebelum melakukan reset, sebaiknya kita melakukan beberapa persiapan seperti :

  1. Memindahkan atau menyimpan data seperti foto, video, atau data apapun yang terdapat pada perangkat ke perangkat lain terlebih dahulu.
  2. Pastikan kondisi baterei terisi minimal 80% sebelum melakukan reset.

Untuk perangkat baru, tidak perlu dilakukan reset atau setel pengaturan awal. Apabila perlu melakukan reset, kita bisa masuk ke dalam menu “Settings” atau “Setelan” dan ketik di kotak pencarian “Reset” atau “Factory Reset”. Klik menu yang muncul, dan lakukan langkah-langkah seperti yang ditampilkan di layar perangkat kita.

Kini setelah perangkat Android kita kembali ke pengaturan awal atau di reset, maka kita bisa mulai melakukan pengaturan perangkat Android yang akan digunakan oleh anak. Untuk contoh pada tutorial kali ini, kami menggunakan perangkat Samsung jenis Galaxy A5. Pada perangkat baru atau perangkat yang telah di reset, sistem Android akan meminta kita memasukkan akun Gmail yang kita miliki. Masukkan akun Gmail anak yang telah kita buat sebelumnya, kemudian klik “Next” atau “Berikutnya”

Kemudian, kita akan diminta untuk memasukkan password. maka masukkan password akun tersebut pada kolom yang tersedia, kemudian klik “Next” atau “Berikutnya”

Karena Google mengenali bahwa akun gmail tersebut adalah akun Gmail anak yang telah terkoneksi dengan akun Gmail kita sebagai orangtua, maka Google akan meminta akun Gmail yang bertindak sebagai pengendali perangkat android ini. Klik pada akun Gmail kita yang kita gunakan sebagai akun orangtua.

Kemudian masukkan password akun gmail kita, dan klik “Next” atau “Berikutnya”

Selanjutnya Google meminta persetujuan kita untuk melakukan instalasi Family Link ke dalam perangkat android untuk anak. silahkan klik tombol “I Agree” atau “Saya Setuju” di bagian bawah layar.

Pada tampilan berikutnya, kita bisa mengatur beberapa hal seperti, kategori atau rating usia untuk aplikasi, video, ebook, atau lagu yang bisa diakses pada perangkat Android anak.

Geser menu ke bawah, maka kita bisa mengatur filter untuk Google Chrome agar Google Chrome memblokir website yang mengandung konten dewasa.

Geser lagi tampilan layar ke bawah, maka kita bisa mengatur filter untuk mesin pencari Google. Pastikan Google SafeSearch pada posisi “On”. Setelah semua selesai, kita bisa klik tombol “Next” atau “Berikutnya”

Berikutnya, Google akan meminta kita menentukan setelan kontrol orangtua lanjutan untuk perangkat Android anak. Klik tombol “Next” atau “Berikutnya” untuk melanjutkan.

Google akan meminta ijin untuk menginstalasi aplikasi Family Link Manager pada perangkat Android anak. Klik tombol “install” atau “Pasang” di bagian kanan bawah layar.

Maka kita akan melalui tampilan unduh atau download aplikasi.

Setelah aplikasi selesai di unduh atau di download, klik tombol “Install” atau “Pasang” di sebelah kanan bawah layar.

Berikutnya, Google akan meminta kita memberi nama perangkat android anak agar mudah dikenali. Masukkan nama yang kita kehendaki, kemudian klik tombol “Next” atau “Berikutnya”

Kemudian, kita bisa melakukan pengaturan aplikasi apa saja yang boleh atau tidak boleh digunakan oleh anak pada perangkat Android tersebut. apabila kita memperbolehkan anak menggunakan aplikasi tersebut, maka biarkan tombol di sebelah kanan nama aplikasi untuk aktif. Apabila kita ingin memblokir akses anak terhadap aplikasi tersebut, kita cukup menonaktifkan tombol di sebelah kanan aplikasi. Geser tampilan ke bawah untuk me-review semua aplikasi yang boleh atau tidak boleh dipergunakan oleh anak.

Apabila kita telah selesai menentukan aplikasi apa saja yang boleh digunakan oleh anak, klik tombol “More” di bagian kanan bawah layar.

Selanjutnya, Google memberi opsi untuk melakukan backup perangkat ke media penyimpanan Google Drive. karena hanya untuk perangkat anak, dan media penyimpanan Google Drive bisa lebih dimanfaatkan untuk Google Classroom, maka kita bisa matikan pilihan tersebut. Kemudian geser tampilan ke bawah.

Kita juga bisa matikan opsi “Help Apps find location”. Untuk “Improve Location Accuracy” bisa tetap diaktifkan untuk fungsi pelacakan posisi perangkat Android. Kemudian geser lagi tampilan layar ke bawah.

Untuk pilihan “Send usage and diagnostic data” bisa kita matikan. Setelah semua pilihan selesai kita tetapkan, klik tombol “More” di sebelah kanan bawah layar.

Karena akun Gmail untuk anak ini baru kita buat, dan kita matikan pilihan “Backup to Google Drive” maka Google tidak menemukan backup sama sekali. Kita cukup menekan tombol “Next” atau “berikutnya”

Berikutnya Google akan memberikan pilihan untuk fitur keamanan perangkat berupa keamanan sidik jari atau pembuatan PIN. tapi karena ini adalah perangkat untuk anak, kita bisa pilih “No” dan klik tombol “Skip” atau “Lewati”

Karena kita melewati langkah pengamanan perangkat, Google akan meminta konfirmasi kita. Cukup tekan tombol “Skip Anyway”

Karena pada contoh ini merupakan perangkat Samsung, maka perangkat akan meminta kita untuk masuk menggunakan akun Samsung. Cukup tekan tombol “Skip” untuk melewatinya.

Setelah semua selesai, maka Google menampilkan status bahwa perangkat anak telah selesai melewati pengaturan. Kita cukup menekan tombol “Next” atau “Berikutnya” pada sebelah kanan bawah layar.

Maka perangkat Android telah selesai kita atur, dan siap dipergunakan oleh anak kita. klik tombol “Done” untuk menutup layar pengaturan.

Demikian tutorial pengaturan Google Family Link pada perangkat Android yang digunakan oleh Anak. Pada tutorial berikutnya, kami akan menyampaikan cara pengaturan Google Family Link pada perangkat orangtua dan menu-menu pengaturan yang ada pada “Google Family Link untuk Orangtua”. Semoga tutorial ini berguna untuk kita semua.

Jangan lupa Follow dan sebarkan informasi tentang website kami kepada saudara, kerabat, atau rekan kerja anda agar lebih banyak orang yang tau dan bisa saling belajar informasi yang terdapat pada tutorial-tutorial ini. Terimakasih!!

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s