Tips dan Trik PC

Memaksimalkan Presentasi daring aplikasi Zoom dengan memanfaatkan Dual Monitor.

Mirip dengan bahasan kami sebelumnya, yaitu menggunakan dua monitor pada perangkat Laptop berbasis windows 10 untuk kegiatan presentasi daring pada aplikasi Google meet. Aplikasi rapat daring Zoom juga menyediakan fasilitas presentasi layar pada dua monitor. Fasilitas atau fitur ini sangat berguna bagi kita para guru / dosen kelas online atau pemateri webinar yang membutuhkan tampilan presentasi di layar pertama, serta tetap bisa berinteraksi dengan peserta pertemuan daring di layar yang kedua. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan presentasi pada dua monitor dengan aplikasi Zoom.

Sebelum memanfaatkan fitur presentasi menggunakan dua layar pada aplikasi zoom, terdapat beberapa persiapan yang perlu dilakukan. pertama, buka aplikasi zoom, kemudian klik tombol setting berupa lambang roda gigi di sebelah kanan atas tampilan zoom.

Kemudian, di menu “General” aktifkan pilihan “Use dual monitors”

Agar presentasi menggunakan Powerpoint juga berlangsung lebih nyaman, kita sebaiknya menonaktifkan fitur “presenter view”. Cara menonaktifkan fitur tersebut adalah sebagai berikut. Buka aplikasi powerpoint, dan klik menu “slideshow” di bagian atas tengah tampilan layar.

Kemudian, non aktifkan pilihan “use presenter view”.

Selanjutnya, seperti pada tutorial Google Meet dua layar monitor, kita hubungkan perangkat laptop dengan layar monitor kedua, bisa berupa layar monitor PC, bisa juga dihubungkan ke layar TV LCD. Pada tutorial kali ini kami kembali menggunakan LCD TV yang terhubung dengan colokan atau Port HDMI

Hubungkan port HDMI pada laptop dengan menggunakan kabel HDMI ke port HDMI TV LCD. untuk langkah-langkah detail koneksi port HDMI laptop dan LCD TV, bisa membuka tutorial kami disini. Pada contoh kali ini kami menggunakan laptop Lenovo Thinkpad yang memerlukan adaptor mini display port to HDMI.

Setelah laptop terhubung dengan TV, maka tampilan awal biasanya adalah clone display, atau tampilan layar LCD tv sama persis dengan tampilan layar laptop seperti gambar di bawah ini.

Kemudian, tekan kombinasi tombol “Fn” dengan tombol keluaran tampilan seperti gambar di bawah ini

atau seperti di bawah ini

kemudian di layar monitor laptop akan muncul menu pilihan keluaran tampilan layar seperti di bawah ini. Pilih opsi “Extend display”

Sehingga hasil tampilan layar monitor laptop dan LCD TV adalah seperti di bawah ini.

Pada contoh kali ini, kita kembali menggunakan aplikasi Microsoft Powerpoint. Buka aplikasi powerpoint, dan buka file yang akan dipresentasikan. Kemudian klik tombol “minimize windows” di sebelah kanan atas.

Sehingga aplikasi powerpoint menjadi ukuran kecil seperti gambar di bawah ini.

Selanjutnya, klik dan tahan Jendela aplikasi powerpoint, dan geser ke bagian kanan layar hingga aplikasi powerpoint muncul di tampilan layar LCD TV seperti gambar di bawah ini.

Lanjutkan menggeser aplikasi powerpoint sampai jendela aplikasi powerpoint sepenuhnya berada di layar kedua atau layar LCD TV.

Klik kembali tombol menu maximize (tombol yang sama yang sebelumnya kita gunakan untuk mengecilkan jendela aplikasi powerpoint) agar aplikasi powerpoint memenuhi tampilan layar LCD TV atau layar kedua.

Geser pointer mouse ke kiri untuk mengembalikan pointer mouse ke layar laptop atau layar utama. Kemudian kita buka aplikasi zoom. Lanjutkan langkah mengadakan kegiatan rapat daring sebagai host seperti pada tutorial sebelumnya. Apabila kita sudah masuk di dalam sesi rapat daring, klik tombol “Share Screen”

Maka zoom akan menampilkan pilihan layar yang akan kita tampilkan atau presentasikan. (1) pilih tampilan layar kedua atau “Screen 2”, (2) jangan lupa aktifkan opsi “use computer sound” dan “optimize screen sharing for video clip” apabila kita hendak menampilkan video kepada peserta rapat daring. kemudian klik “share”

Maka peserta rapat daring akan mendapatkan tampilan yang terdapat di LCD TV atau layar kedua yang berisi powerpoint, sedangkan kita masi bisa berinteraksi melihat wajah para peserta rapat daring di layar laptop atau layar utama.

Dengan demikian, kita bisa melihat reaksi peserta rapat daring terhadap presentasi kita. Selain itu, apabila kita sebagai host rapat daring, kita bisa melakukan tindakan-tindakan host seperti menonaktifkan mikrofon peserta rapat, menerima atau menolak peserta rapat daring yang hendak masuk, dsb.

Demikian tutorial kali ini, semoga berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Silahkan berikan komentar atau pertanyaan di kolom komentar, apabila terdapat hal yang ingin ditanyakan atau dijelaskan lebih lanjut.

Jangan lupa follow dan sebarkan informasi tentang website kami kepada teman atau keluarga anda apabila anda merasa informasi atau tutorial yang kami sampaikan berguna untuk anda. Terimakasih banyak!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s