Tips dan Trik PC

Tips Mengatasi Aplikasi Zoom yang Menyebabkan Ngadat / Hang / Crash pada Laptop Berbasis Windows 10

Pada tips kali ini, kami menawarkan salah satu solusi yang mungkin bisa diaplikasikan apabila kita mengalami laptop ngadat / hang / crash ketika melakukan kegiatan rapat daring menggunakan aplikasi Zoom. Hal ini berawal dari keluhan salah satu rekan kami yang melaporkan bahwa laptopnya sering ngadat / crash ketika melakukan rapat daring menggunakan aplikasi Zoom. Padahal laptopnya termasuk relatif baru, laptop yang baru diluncurkan pada tahun 2019 dengan spesifikasi teknis yang cukup tinggi dan menggunakan sistem operasi berbasis Windows 10.

Pada awalnya kami berusaha memeriksa spesifikasi teknis laptop tersebut, dengan prosesor yang relatif baru, media penyimpanan SSD NVME yang kencang, dan windows 10 yang terupdate, seharusnya tidak ada masalah yang bisa menyebabkan laptop ngadat atau hang. Kecurigaan kami arahkan kepada jumlah memory RAM yang hanya sebesar 4GB. Cukup kecil untuk sistem operasi Windows 10 yang seringkali membutuhkan RAM lebih dari 4 GB untuk membuka beberapa aplikasi sekaligus. Maka kami menyarankan penambahan keping memory RAM sebesar 4GB lagi agar total RAM menjadi 8GB. Ternyata penambahan RAM tidak menyelesaikan solusi. windows memang menjadi lebih gegas, tetapi tetap terjadi ngadat / hang ketika digunakan untuk rapat daring dengan menggunakan aplikasi Zoom.

Langkah berikutnya kami lakukan adalah melakukan install ulang sistem operasi windows 10, karena kecurigaan kami akan kemungkinan windows memiliki masalah akibat update yang tidak tuntas. tetapi masalah ngadat ketika digunakan untuk zoom ternyata masih muncul. Selanjutnya, kami melakukan update driver untuk seluruh perangkat yang terdapat di dalam laptop, seperti driver chipset, driver chip grafis video, driver soundcard, driver wifi, dst. Kami bahkan juga melakukan update BIOS laptop dengan harapan bisa menyelesaikan masalah di atas. Hasil setelah melakukan semua langkah di atas, juga masih belum memuaskan, ada kalanya aplikasi Zoom bisa berjalan stabil, ada kalanya aplikasi Zoom menyebabkan laptop ngadat / hang ketika rapat daring dengan aplikasi Zoom baru berlangsung 5 menit.

Akhirnya kami berusaha mencari informasi di internet, penelusuran di mesin pencari Google dengan kata kunci “Zoom crash windows 10” ternyata menghasilkan banyak link yang menyatakan bahwa kasus yang terjadi pada laptop rekan kami tidak jarang. Banyak yang juga mengalaminya, seperti pada tampilan di bawah ini. Dan rata-rata para pelapor laptop yang ngadat mengatakan bahwa mereka juga sudah berusaha melakukan langkah-langkah yang sama dengan kami, seperti install ulang windows, update driver, dsb.

Setelah menelusuri beberapa tautan, kami mendapati satu tautan yang menarik, yaitu solusi yang ditawarkan oleh salah satu orang di forum tanya jawab microsoft seperti pada gambar di bawah ini (tautan ke forum tersebut kalau mau mempelajari lebih lanjut), secara umum penjelasan pada tautan tersebut adalah, aplikasi Zoom memaksa laptop untuk masuk ke kondisi kebutuhan daya listrik tertentu, yang menyebabkan windows 10 menjadi ngadat / hang.

Kami sudah mencoba untuk melakukan langkah yang dilakukan di dalam tautan tersebut di atas, tetapi belum berhasil. Kode perintah yang diberikan tidak bisa kami gunakan di laptop kami. Kemudiannya kami ingat, pada saat kami mencoba kestabilan laptop setelah instalasi driver dan BIOS terbaru laptop, kami melakukan simulasi rapat daring menggunakan aplikasi Zoom dengan kondisi laptop di charge. Pada waktu itu kami sempat mendapatkan kondisi laptop cukup stabil untuk rapat daring menggunakan aplikasi Zoom untuk waktu yang cukup lama, mencapai lebih dari 20 menit. Akhirnya kami coba lagi simulasi rapat daring, ketika laptop tidak di charge menggunakan adaptor, dengan kondisi baterei penuh, dua kali kami lakukan simulasi, kedua simulasi berujung laptop ngadat atau hang ketika rapat daring baru berlangsung 5 menit atau bahkan kurang. Berikutnya kami lakukan simulasi rapat daring lagi, dengan kondisi laptop di charge menggunakan adaptor charger, ternyata laptop tidak ngadat sama sekali sampai lebih dari 30 menit.

Dari kejadian di atas dapat kami simpulkan, bahwa aplikasi rapat daring Zoom memang meminta kondisi daya tertentu pada laptop yang menyebabkan laptop ngadat / hang. Dan apabila laptop digunakan dalam keadaan di charge menggunakan adaptor, maka supply daya listrik tambahan dari adaptor charger laptop bisa memenuhi kebutuhan daya yang diminta oleh aplikasi Zoom. Sehingga solusi yang bisa digunakan untuk mencegah laptop ngadat adalah dengan selalu memasang adaptor charger pada laptop ketika rapat daring melalui aplikasi Zoom meskipun baterei laptop dalam kondisi penuh.

Update bulan Agustus 2021, kami juga telah menuliskan tutorial untuk memperlancar kegiatan zoom meeting pada artikel terbaru kami.

Demikian analisa dan tips yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat dan berguna untuk kita semua. Jangan lupa follow dan like akun Twitter kami di @smartdigiparent dan juga Facebook kami Smart Digital Parents agar lebih banyak teman, saudara, dan orang lain yang tahu, sehingga informasi dan tutorial kami bisa berguna untuk lebih banyak orang. Terima Kasih!!

33 replies »

  1. saya punya laptop aus tuf gaming a15 ( windows 10,Ram 8gb) tapi kalo misalnya zoom lagi share screen tiba tiba nge freeze sebentaran, itu kenapa ya?

    Like

  2. sy baru beli laptop asus k413ea-am353ts i3 1115g4 8gb, tapi sering crash juga saat zoom, mmg belum dicoba sih kl hrs sellau pasang adaptor asusnya. sebel dan jadi kesel aja krn laptop baru tapi susah dipake zoom. apakah bukan faktor prosesor atau aapalah gt ya ?

    Liked by 1 person

  3. apakah spek berpengaruh besar untuk kejadian hang? meskipun sudah ssd +hdd, ram 8 gb?
    sebelum2nya buat zoom laptop saya masih biasa aja. tapi akhir2 ini mulai sering hang padahal cuma buat buka browser dan zoom, dan untuk kondisi di charge atau tidak, saya sudah mencoba dua2nya, dan hasilnya mirip2 saja. tetap hang pada akhirnya.

    Liked by 1 person

  4. Ini casenya begini, persis seperti laptopku:( Bila memang itu solusinya, apakah tidak membuat baterai laptop bocor bila digunakan sambil di charge meskipun baterai sudah penuh??

    Like

    • Dicoba saja dulu, apakah bisa mengatasi permasalahan yang terjadi. Memang ada kemungkinan baterei kemampuannya menurun. Tapi harusnya tidak terlalu ekstrem penurunannya. Mungkin bisa coba juga update aplikasi zoom dan driver vga laptop

      Like

  5. halooo kak admin, gimana dengan laptop yang memang mempunyai problem di baterai . jadi setiap saat di charger.. namun ketika zoom lama itu hang

    Like

    • Spek laptopnya apa ya? Ada beberapa kemungkinan solusi
      1. Update driver vga
      2. Update zoom
      3. Pada saat aktivitas zoom, tutup semua aplikasi lain yg tidak penting. Misal sekaligus streaming youtube dkk
      4. Jaga ventilasi kipas pendingin laptop, sebaliknya jangan menggunakan laptop di sofa / tempat tidur. Karena bisa mengganggu sirkulasi pendinginan prosesor. Kalau laptop sampai overheat, bisa menyebabkan hang juga

      Semoga membantu

      Like

  6. Kalo laptopku, tiap dipake zoom selama kurleb 30 menit pasti tiba2 mati, padahal selalu aku colokin adaptor kalo lagi zoom. Tapi nanti setelah aku lepas adaptor dan aku colokin lagi (karna batrenya udah low tp zoom nya belom kelar) malah mati lagi..

    Like

  7. laptop windows 10 ram 12Gb ssd 512 tetap selalu hang atau frezze saat zoom sudah diperbarui tetap saja sampai install ulang pun tetap hang , setiap zoom selalu freeze

    Like

    • kalau saya liat dari spek laptop HP 14s cf2004tx, core i5 generasi 10, tapi RAM alias memorynya sangat terbatas, hanya 4GB, padahal untuk laptop windows 10, supaya lebih lancar itu minimal RAM memorynya 8GB. karena windows 10 sendiri saja tanpa membuka aplikasi apapun itu sudah menghabiskan memory sebesar 2-3GB.

      Like

  8. Alhamdulillah berhasil.
    Terimakasih banyak ya. Sebelumnya laptop saya selalu freeze setiap share screen zoom 5 menitan. Ini tadi saya coba smbil adaptor terpasang. Nggak freeze sama sekali

    Like

  9. saya pakai lenovo seri B490, Prosesor Intel® Core™ i3-3110M
    Cache 3 M, 2,40 GHz, RAM 6GB, SSD + HD, pakai windows 10 64 bit, Kalau lihat dari minimum requirement dari zoom, udah cukup. Tapi apakah untuk jadi host butuh spek lebih tinggi? kalau Jadi host memang tiba2 suka nge hang padahal cuma buka zoom aja. Semua program tidak penting juga tidak jalan, udah coba semua cara untuk menonaktifkan. apakah karena koneksi internet yang tidak stabil (thetering smartphone) jadi kerja zoom jadi extra ya?

    Saya curiga ini updatean tidak tuntas nih dan harus install ulang aja yang belum dilakukan…

    Like

      • iya nih lagi dibelikan kabelnya… tapi secara spek sebenarnya udah cukup kan ya untuk jadi host? Saya baca di zoom minimal processor 2 Ghz I3, I5, I7… Pas pakai zoom sebagai host atau presenter dari Statistic zoom Processor overall langsung 100% dan patah-patah. Begitu share screen power point atau satu tab chrome langsung freeze dan terkadang keluar sendiri…

        Like

    • Sudah coba update driver gpu versi terbaru? Mungkin kalau perlu bisa pake aplikasi update driver yg sekaligus untuk seluruh sistem seperti driver booster. Jadi dia bakal scan driver apa saja yg sudah out of date. Langsung diupdate semua sekaligus

      Like

Leave a comment