Tips dan Trik Gadget

Memanfaatkan Aplikasi “Find my device” Sebagai Pelacak Posisi Smartphone (Android)

Bagi anda yang memperbolehkan putra-putrinya untuk membawa telepon genggam pintar (smartphone) sendiri. Baik ketika diperbolehkan oleh sekolah ataupun ketika putra-putri anda bepergian dengan teman-temannya, terkadang masih terdapat rasa khawatir dan ingin tahu dimana posisi putra-putri anda. Untuk smartphone berbasis Google Android, terdapat aplikasi “Find My Device” yang bisa melacak posisi smartphone putra-putri anda menggunakan layanan GPS dan Googlemaps. Syarat minimal agar aplikasi ini bisa berfungsi adalah :

  1. Anda mengetahui akun Google yang terdapat pada smartphone putra-putri anda
  2. Fitur “Lokasi” atau “Location” harus aktif pada smartphone putra-putri anda
  3. Smartphone putra-putri anda tekoneksi dengan layanan data (wifi atau mobile data)

Berikut ini adalah cara agar anda dapat menggunakan aplikasi “Find My Device”

a. Buka Google Playstore pada smartphone Android anda, ketik “Find My Device” di kotak pencarian dan klik tanda “search” di kanan bawah.

fmd1

b. Ketika halaman penjelasan aplikasi “Find My Device” sudah terbuka, klik “Install”

fmd2.png

c. Setelah aplikasi “Find My Device” ter-install di smartphone anda, buka aplikasi tersebut.

fmd3.png

d. Di tampilan awal, anda diberi pilihan untuk “masuk sebagai akun Google anda” atau “Masuk sebagai tamu” (Sign in as guest). Pilih “Sign in as Guest”

fmd4.png

e. Masukkan akun Google yang terdapat pada smartphone android putra-putri anda. Kemudian klik “Next” atau “Lanjut”

fmd5

f. Masukkan password akun Google smartphone putra putri anda, kemudian klik “Sign in” atau “Masuk”

fmd6

g. Ketika ada pertanyaan “Ijinkan Find My Device untuk mengakses lokasi perangkat ini” atau “Allow Find My Device to access this device’s location?”, klik “Ijinkan” atau “Allow”

fmd7.png

h. Maka secara otomatis, akan tertampil lokasi smartphone putra-putri anda pada saat itu.

fmd8.png

Dengan demikian, sewaktu-waktu anda ingin mengetahui posisi putra-putri anda, (dengan syarat mereka membawa smartphone mereka), maka anda tinggal membuka aplikasi “Find My Device’ tersebut.

Aplikasi “Find My Device” ini juga bisa digunakan untuk melacak keberadaan smartphone anda apabila smartphone anda dicuri. Anda juga dapat menghapus isi memory smartphone anda agar data yang terdapat di dalam smartphone anda tidak disalahgunakan oleh pencuri tersebut. caranya adalah dengan menggunakan fitur “Erase” pada aplikasi “Find My Device”.

Demikian tutorial pada kali ini, semoga mudah dipahami dan berguna bagi kita semua. Jangan lupa follow dan like akun Twitter kami di @smartdigiparent dan juga Facebook kami Smart Digital Parents agar lebih banyak teman, saudara, dan orang lain yang tahu sehingga informasi dan tutorial kami bisa berguna untuk lebih banyak orang. Terima Kasih!!

3 replies »

Leave a comment