Menggunakan fitur “Kunci Aplikasi” atau “App Lock” untuk membatasi akses aplikasi pada Smartphone Xiaomi.

Xiaomi adalah salah satu produsen telepon pintar atau Smartphone yang sangat populer akhir-akhir ini. Smartphone produksi Xiaomi (baik seri Mi ataupun Redmi) rata-rata menawarkan spesifikasi yang cukup baik dengan harga yang relatif lebih “ramah di kantong” dibanding smartphone merk lainnya. Salah satu keunggulan smartphone Xiaomi adalah adanya fitur “Kunci Aplikasi” atau App Lock”. Fitur ini memungkinkan kita mengunci akses terhadap salah satu atau beberapa aplikasi yang terpasang di smartphone Xiaomi. Apabila anda memberikan sebuah smartphone Xiaomi kepada putra-putri anda, dan anda ingin agar putra-putri anda tidak bisa bebas menginstall / mengunduh aplikasi baru melalui aplikasi Google Playstore, maka anda bisa mengunci akses menuju aplikasi Google Playstore dengan menggunakan fitur “Kunci Aplikasi” ini. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah :

a. Buka “Setelan” atau “settings” pada smartphone Xiaomi anda, geser menu ke bawah, klik menu “Kunci Aplikasi” atau “App Lock”

applock1.png

b. Buat kunci pengaman untuk “App Lock”, bisa berupa Pola garis (minimal menghubungkan 4 titik). Sebaiknya pola garis ini mudah anda ingat, tapi sulit ditebak putra-putri anda. Lakukan sebanyak 2 kali.

applock2.png

c. Di dalam daftar aplikasi, aktifkan penguncian untuk aplikasi yang ingin anda kunci, misal Google Playstore agar putra-putri anda tidak bisa menginstall / mengunduh aplikasi secara bebas.

applock3.png

Apabila opsi kunci aplikasi telah aktif, maka tanda tombol akan berubah menjadi berwarna biru seperti gambar berikut ini.

applock4

d. Setelah selesai, anda bisa kembali ke layar awal, dan apabila anda atau putra putri anda mencoba membuka aplikasi yang telah dikunci, maka aplikasi yang dikunci tidak akan bisa dibuka kecuali bila anda memasukkan pola garis kunci yang telah anda masukkan sebelumnya.

applock5.png

dengan demikian, putra putri anda tidak akan bisa dengan mudah mendownload / mengunduh program baru dari Google Playstore tanpa seizin anda. Penguncian ini juga bisa anda lakukan untuk berbagai macam aplikasi lainnya, misal Internet Browser atau Peramban internet seperti Google Chrome, atau misal anda ingin memblokir aplikasi Youtube. Semua bergantung kebutuhan anda, kira-kira aplikasi apa saja yang diperbolehkan untuk digunakan oleh putra-putri anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s